Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Izin Investasi, Sleman Terus Permudah Investor Lokal

Bisnis.com, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus berupaya memberi kemudahan dalam proses perizinan bagi investor yang berniat menanamkan modalnya di wilayah setempat. "Sejak akhir 2012 daerah diberi kewenangan memproses

Bisnis.com, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus berupaya memberi kemudahan dalam proses perizinan bagi investor yang berniat menanamkan modalnya di wilayah setempat.

"Sejak akhir 2012 daerah diberi kewenangan memproses perizinan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sehingga tidak perlu repot-repot mengurus ke pusat," kata Kepala Kantor Penanaman, Penguatan dan Penyertaan Modal (P3M) Kabupaten Sleman Retno Susiati, Minggu (14/7).

Menurutnya, dengan kewenangan tersebut  daerah bisa memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan izin investasi.

"Tiga pokok perizinan investasi yang ditangani daerah meliputi izin pokok penanaman modal, izin prinsip, dan izin usaha penanaman modal," katanya.

Dia menjelaskan untuk penanaman modal asing (PMA) pengurusan izinnya masih di pusat dan daerah belum diberi kewenangan.

"Pengurusan izin PMDN dapat kami layani dalam waktu maksimal 3 hari, dengan catatan semua persyaratan sudah lengkap. Bahkan selama ini kami dapat memproses perizinan PMDN hanya dalam waktu 1 hari sudah selesai," katanya.

Retno mengatakan tahun ini target investor yang masuk ke Kabupaten Sleman ada dua perusahaan PMDN.

"Target kami memang cukup dua perusahaan mengingat adanya kendala dalam menarik investor seperti daya saing daerah lain cukup tinggi, ketersediaan lahan yang semakin berkurang, serta harga lahan yang terus naik," katanya.

Menurutnya, salah satu upaya menumbuhkan ekonomi daerah adalah dengan adanya investor yang menanamkan modal sehingga dapat menghidupkan kegiatan ekonomi di masyarakat.

"Sebagai upaya mendatangkan investor, baik PMDN maupun PMA, kami terus menginformasikan potensi-potensi unggulan di Sleman, melalui pameran dan pertemuan dengan pengusaha," katanya.

Hingga Desember 2012 tercatat ada 74 investor yang melakukan penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing dengan nilai investasi mencapai sekitar Rp2,7 triliun.

"Mayoritas investor itu bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan serta jasa termasuk transportasi," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper