Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akun Twitter Presiden SBY, Kenapa Kurang Maksimal

BISNIS.COM, JAKARTA -- Kehadiran akun twitter resmi @SBYudhoyono dan @IstanaRakyat menuntut seseorang untuk lebih eksis lagi dalam melihat informasi.

BISNIS.COM, JAKARTA -- Kehadiran akun twitter resmi @SBYudhoyono dan @IstanaRakyat menuntut seseorang untuk lebih eksis lagi dalam melihat informasi.

Kebutuhan akan media sebagai salah satu informasi akan membuka wawasan seseorang untuk mengetahui sampai sejauh mana informasi itu didapat oleh publik.

Kehadiran dua akun resmi istana tersebut diharapkan dapat meminimalkan kesalahpahaman publik akibat berita media yang cenderung liberal sekarang ini. Bahkan, pihak istana dapat berbicara langsung ke masyarakat tanpa intervensi sebuah kepentingan media tertentu.

Namun, empat bulan berjalan, twitter yang saat itu peluncurannya dihadiri banyak media kini terlihat kurang maksimal dilakukan.

Bahkan akun @IstanaRakyat yang seharusnya memberikan informasi lugas dan terpercaya kurang bisa memerankan lebih pada kondisi saat ini. Contohnya, banyak hal yang seharusnya bisa diceritakan mengenai kinerja pemerintah sejak 2004 sampai sekarang.

Menurut saya, sebagai salah satu pengguna twitter selayaknya informasi kinerja pemerintah diinformasikan melalui jejaring sosial tersebut.

Namun, sayang dari hasil pantauan saya dalam penggunaan twitter justru melihat akun @IstanaRakyat kurang maksimal digunakan, dalam arti akun tersebut kurang mengupdate masalah kinerja pemerintah yang saat ini berlangsung.

Apalagi, jika sebuah patokannya kinerja pemerintah SBY pada 2004 sampai saat ini, akun tersebut sangat kurang sekali dalam menginformasikan terhadap publik.

Harusnya dengan era teknologi yang berkembang pesat saat ini proses informasi terhadap kinerja ke publik harus lebih di optimalkan kembali. Jangan sampai justru rakyat menilai bahwa akun twitter ini hanya sebuah akun yang tidak berguna dan sia-sia.

Karena saya anggap media komunikasi seperti jejaring sosial merupakan bagian yang sangat vital serta memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan modern saat ini.  Seperti halnya organisasi pada umumnya, organisasi birokrasi juga melakukan komunikasi. Komunikasi dilakukan baik di dalam organisasi itu sendiri maupun juga komunikasi ke luar.

Salah satu fungsi komunikasi dari organisasi birokrasi ke luar adalah menyampaikan kebijakan pemerintah kepada publik atau masyarakat. Langkah inilah yang dilakukan SBY saat ini menggunakan teknologi komunikasi untuk menjangkau masyarakat Indonesia secara luas.

Saya berharap akun resmi presiden SBY terus dimaksimalkan dalam penyampaian informasi kepublik. Dan terus menjadikan tolak ukur bersama bahwa kinerja presiden kita hingga kini telah maksimal terhadap semua kebijakan dan keputusannya dalam mengemban amanat rakyat.

 

Pengirim :

Melati Purnamaningsih

Alamat : Puri Rangkapan Jaya, Jalan Samudera Jaya, Rt 02/05. No 36. Kec Pancoran Mas

Depok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper