Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS MESIR: Ratusan Ribu Penentang Moursi Gelar Demo Tandingan

Bisnis.com, KAIRO--Ratusan ribu orang berpawai di seantero Mesir pada Minggu waktu setempat untuk mendukung penggulingan yang dilakukan militer terhadap Presiden Mohamed Moursi.

Bisnis.com, KAIRO--Ratusan ribu orang berpawai di seantero Mesir pada Minggu waktu setempat untuk mendukung penggulingan yang dilakukan militer terhadap Presiden Mohamed Moursi.

Sementara itu, pemerintahan sementara menyatakan pihaknya akan mengumumkan perdana menteri yang baru dalam waktu satu hari ini.

Pawai berlangsung 2 hari setelah unjuk rasa oleh kalangan Islamis berubah menjadi pertumpahan darah. Pawai juga berlangsung di saat seorang pejabat tinggi mengatakan perdana menteri yang baru akan diumumkan pada hari ini, Senin (8/7/2013).

Presiden sementara Adly Mansour mengarahkan pilihannya pada ahli hukum haluan tengah-kiri Ziad Bahaa Eldin sebagai perdana menteri dan pemenang hadiah Nobel Perdamaian Mohamed ElBaradei sebagai wakil presiden, demikian dikatakan penasihat media kepresidenan, Ahmed al-Muslimani, kepada AFP seperti dikutip Antara.

Jika benar, Mansour berarti mengambil seorang teknokrat tanpa terbebani oleh ElBaradei, yang pencalonannya telah membuat marah Islamis Salafi dalam koalisi goyah yang mendukung penggulingan presiden Mohamed Moursi oleh militer pada Rabu lalu.

Kalangan Salafi mengatakan ElBaradei, yang dilihat sebagai sosok sekuler yang bersemangat dan musuh utama Moursi yang Islamis, akan menjadi presiden yang memecah belah persatuan.

Bahaa Eldin, yang merupakan putera seorang penulis terkemuka, akan mengemban tugas sangat besar dalam menciptakan persatuan bagi Mesir yang baru, hanya beberapa hari setelah militer mendepak Moursi.

Perkembangan tersebut muncul di saat jumlah warga yang berada pada gelombang unjuk rasa membengkak hingga sekira 250.000 orang di Lapangan Tahrir Kairo, pusat berlangsungnya revolusi 2011 yang menurunkan presiden Hosni Mubarak dari jabatannya.

Pesawat-pesawat militer terus berputar-putar di ibu kota negara, dengan formasi membuat jejak berupa asap dengan warna hitam, putih dan merah --warna bendera Mesir.

"Kami turun ke jalan untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa ini adalah revolusi rakyat dan bukan kudeta yang menggulingkan Moursi," kata seorang guru yang menyebut namanya sebagai Magda.

Banyak spanduk menunjukkan kemarahan para pengunjuk rasa terhadap Amerika Serikat karena apa yang mereka lihat sebagai dukungan bagi Morsi. Kemarahan juga ditujukan terhadap pemberitaan media AS yang menggambarkan pemecatan Moursi sebagai sebuah kudeta.

"Amerika, kalian seharusnya malu! Ini revolusi, bukan kudeta!" demikian bunyi sebuah spanduk. Teriakan ungkapan yang sama juga terdengar di Tahrir secara terus menerus.

Warga-warga lainnya yang berunjuk rasa mengacung-acungkan foto kepala militer Abdel Fattah al-Sisi, jenderal di balik penumbangan Moursi.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersikeras bahwa negaranya tidak memiliki hubungan dengan partai politik ataupun kelompok manapun di Mesir setelah kepemimpinan Moursi terguling.

Gerakan Tamarod, perancang aksi unjuk rasa 30 Juni yang memuncak menjadi penggulingan Moursi, memimpin penggalangan warga untuk berkumpul di Tahrir dan istana kepresidenan Ittihadiya untuk "menyempurnakan revolusi".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper