Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK INDONESIA: Realisasi Anggaran Pendapatan Sulsel Capai Rp1,16 Triliun

BISNIS.COM, MAKASSAR--Realisasi anggaran pendapatan daerah Sulawesi Selatan sampai dengan triwulan I/2013 tercatat Rp1,16 triliun atau 23,02% dari total target pendapatan sebesar Rp5,02 triliun.Pencapaian realisasi pendapatan tersebut sedikit meningkat

BISNIS.COM, MAKASSAR--Realisasi anggaran pendapatan daerah Sulawesi Selatan sampai dengan triwulan I/2013 tercatat Rp1,16 triliun atau 23,02% dari total target pendapatan sebesar Rp5,02 triliun.

Pencapaian realisasi pendapatan tersebut sedikit meningkat dibandingkan realisasi pendapatan pada triwulan I/2012 yang tercatat sebesar Rp1,11 triliun.

Data tersebut dipublikasikan oleh BI Wilayah I Sulawesi, maluku, dan Papua (Sulampua) dalam laporan tiga bulanan, Kamis (16/5/2013).

Berdasarkan komponen pendapatan, realisasi pendapatan anggaran daerah tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan yang Sah.

BI menyebutkan pada triwulan I/2013, realisasi komponen Pendapatan Asli Daerah telah mencapai Rp0,55 triliun (21,30%), naik dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 0,4 triliun (20,2%).

Sumbangan realisasi Pendapatan Asli Daerah didapatkan dari masing-masing sub komponen Lain-lain PAD yang Sah (36%), Pendapatan Pajak Daerah (21,14%) dan Pendapatan Retribusi Daerah (21,1%).

Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di SUlsel turut memberi sumbangan peningkatan pendapatan dari pajak.

Selain itu, didukung pula oleh upaya pemerintah dalam mempermudah pelayanan publik dengan penerapan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) pembantu.

SAMSAT ini dipusatkan di kantor Dispenda Sulsel dan dilengkapi dengan unit pelayanan drive thru.

"Peningkatan realisasi Pendapatan Asli Daerah ini menggambarkan kondisi yang cukup baik dari aktivitas ekonomi khususnya konsumsi rumah tangga di Sulawesi Selatan pada triwulan I/2013," ungkap BI.(mtb/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper