Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ART'S DAY FESTIVAL: Digelar Selama 5 Hari di Makassar, Indoor & Outdoor

BISNIS.COM, MAKASSAR--Art's Day Festival yang menampilkan berbagai pertunjukan seni indoor dan outdoor akan digelar di Kota Makassar pada 16-20 Mei. 

BISNIS.COM, MAKASSAR--Art's Day Festival yang menampilkan berbagai pertunjukan seni indoor dan outdoor akan digelar di Kota Makassar pada 16-20 Mei. 

Gelaran itu merupakan hasil kolaborasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar dengan Sanggar Merah Putih Makassar (SMPM).

"Ini juga untuk memperingati 35 tahun usia Sanggar Merah Putih yang didirikan pada 1978 dan sampai saat ini masih eksis melakukan pengkaderan dan pembinaan kepada pelaku seni," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Selasa (14/5/2013).

Dalam ajang yang akan digelar selama 5 hari itu, akan tampil seniman Makassar dari berbagai sanggar yang ada dan juga dari luar daerah seperti Solo, Yogyakarta, Jakarta, Lombok, bahkan dari Perancis.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini bertujuan, menarik lebih banyak wisatawan datang ke kota Anging Mammiri ini.

Selain itu, festival seni ini juga merupakan upaya memberi ruang bagi kelompok seni atau sanggar agar dapat berbagi dengan masyarakat atas kesenian yang selama ini mereka eksplorasi.

"Segala bentuk seni kami dukung keberadaanya di Makassar. Nantinya, akan lebih banyak lagi event seni," tambah Maya.

Sebagai agenda tahunan, dia berharap kegiatan ini ditunggu-tunggu para pelaku seni.

Direktur Utama SMPM Agus Linting menyebutkan beberapa nama seniman yang akan datang di antaranya sastrawan Afrizal Malna, Moch. Hasymi Ibrahim dan Aslan Abidin.

Festival seni itu akan dilakukan dengan pertunjukan luar ruangan untuk mendapatkan respon publik secara langsung dan pertunjukan dalam ruang. Tempat yang akan dipakai adalah Benteng Fort Rotterdam dan sekitar Gedung Kesenian.

Sementara itu, dalam pertunjukkan dalam ruangan akan dikenakan tiket masuk Rp10.000 per orang sebagai bentuk apresiasi masyarakat atas seni. Targetnya 300-500 penonton setiap malam.

Anggaran kegiatan yang mencapai kisaran Rp300 juta menurut Rusmayani, sebagian berasal dari APBD dan sebagian lagi berasal dari para sponsor. (wde)

Jadwal Art's Day Festival Makassar

Kamis, 16 Mei 2013

16.00-17.30 Opening Ceremony

17.00-17.30 Pertunjukan musik I-Met Project

20.00-selesai Pertunjukan teater: Atas nama cinta (SMPM)

Jumat, 17 Mei 2013

14.00-16.00 Pemutaran film

16.00-selesai Pertunjukan tari: Yayasan Angin Mamiri, Selfina Cepi palu, Nungky Jogjakarta, Aswani Makassar, Coco Dance Area makassar, Fitri Setyaningsih Solo.

Sabtu, 18 Mei 2013

14.00-16.00 Pemutaran Film 

20.00-Selesai Pertunjukan teater: Perutku Bicara, Komunitas Sapi Berbunyi

Minggu, 19 Mei 2013

14.00-16.00 Diskusi

16.00-17.00 Pertunjukan musik: Tangan Perkusi Makassar

20.00-Selesai Pertunjukkan musik: Urban Eggs Makassar, South ID Makassar, JK Etnika Makassar

Pembacaan karya sastra: Moch. Hasymi Ibrahim, Wawan Mattaliu, Aslan Abidin, Shinta Febriany, Luna Vidia, Muhary Wahyu Nurba.

Senin, 20 Mei 2013

16.00-17.00 Seni Instalasi Ahmad Anzul

20.00-selesai Pertunjukan teater: Adong Pulang, Rombongan Sandiwara Petta Puang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Wiwiek Endah
Sumber : M. Taufikul Basari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper