KISRUH UJIAN NASIONAL: KPPU Gandeng KPK Selidiki Tender

BISNIS.COM, MAKASSAR--Investigator Komisi Pengawas Persaingan Usaha bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi sedang menyelidiki tender terkait dengan kisruhnya pelaksanaan ujian nasional.Komisioner KPPU Syarkawi Rauf mengatakan komisinya bekerja
M. Taufikul Basari | 30 April 2013 10:52 WIB

BISNIS.COM, MAKASSAR--Investigator Komisi Pengawas Persaingan Usaha bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi sedang menyelidiki tender terkait dengan kisruhnya pelaksanaan ujian nasional.

Komisioner KPPU Syarkawi Rauf mengatakan komisinya bekerja menyelidiki ada tidaknya persekongkolan dari sisi horisontal, sedangkan KPK pada sisi vertikal.

"Soal ujian nasional kami sedang menangani," katanya ketika memberi materi workshop yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (30/4).

Kisruh UN 2012/2013 menjadi perhatian setelah pelaksanaannya pada level SMA pada 11 provinsi bergeser dari 15 April menjadi 19 April dengan alasan pendistribusian soal menjadi masalah.

Sekali pun KPPU saat ini lebih fokus pada kasus kartel atau pengaturan harga oleh pelaku usaha, tetapi perkara tender tetap mendominasi perkara di komisi. Porsi kasus tender pada tahun lalu mencapai 77% dengan 164 laporan.

Tag : kpk, kpu, mendikbud, ujiannasional, un
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top