Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI JEPANG: Stimulus BoJ Diyakini Dorong Pemenuhan Target Inflasi 2%

BISNIS.COM, TOKYO-Gubernur Bank Jepang (BoJ) Haruhiko Kuroda menilai stimulus yang diumumkan pada pekan lalu cukup untuk memenuhi target inflasi sebesar 2%. Kuroda menegaskan komitmen BoJ untuk melakukan apapun yang diperlukan demi mencapai target dalam

BISNIS.COM, TOKYO-Gubernur Bank Jepang (BoJ) Haruhiko Kuroda menilai stimulus yang diumumkan pada pekan lalu cukup untuk memenuhi target inflasi sebesar 2%.

Kuroda menegaskan komitmen BoJ untuk melakukan apapun yang diperlukan demi mencapai target dalam 2 tahun. Kuroda kemungkinan akan menghadapi kritik dalam pertemuan G-20 di Washington minggu depan karena melakukan pembatasan yang berujung pada anjloknya nilai yen terhadap dolar AS hingga sekitar 18% sejak pertengahan November.

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G-20 akan mengadakan pertemuan pada 18-19 April. Pada rapat Menkeu di Moskow Rabu (10/4/2013), yen anjlok sekitar 6%  sejak pertengahan Februari.

Dalam pertemuan itu, mereka mengisyaratkan bahwa Jepang sebenarnya memiliki kemampuan untuk merangsang ekonominya selama tidak mengadvokasi pelemahan mata uang.

Kuroda menegaskan pihaknya akan mengawasi secara ketat apa yang terjadi pada nilai mata uang dan bagaimana hal tersebut berdampak pada perekonomian.  

Saham Nikkei 225 melonjak lebih dari 50% sejak pertengahan November setelah Shinzo Abe menjanjikan kelonggaran moneter dalam kampanye yang membawanya pada kemenangan sebagai Perdana Menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper