Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEKOLAH TINGGI TEKSTIL: Pendaftaran Program D-1 Segera Dibuka

BISNIS.COM, SURABAYA--Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Timur bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Regional V Surabaya mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil program D-1, guna memenuhi besarnya kebutuhan tenaga terdidik di kalangan

BISNIS.COM, SURABAYA--Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Timur bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Regional V Surabaya mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil program D-1, guna memenuhi besarnya kebutuhan tenaga terdidik di kalangan industri tekstil anggota asosiasi tersebut.

Ketua API Jatim Sherlina Kawilarang menyebutkan kebutuhan industri tekstil atas tenaga D-1 bidang pertekstilan sedikitnya 25% dari total karyawan yang direkrut, agar manajemen industri tersebut menjadi kuat sekaligus berdaya saing tinggi.

Masalahnya, lanjut dia, perusahaan tekstil di Jatim kini sangat kekurangan karyawan berlatar pendidikan tinggi bidang pertekstilan, di tengah upaya pengembangan sektor industri tersebut a.l. peremajaan mesin, peningkatan ekspor, efisiensi bidang produksi.

“Untuk mengatasi permasalahan SDM terdidik, kami menjalin kerja sama dengan Balai Diklat Industri Regional V Surabaya mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) program D-1.

Lembaga pendidikan itu mulai beraktifitas Januari tahun ini dengan menyerap 30 peserta didik,” ujarnya di sela-sela Musyawarah Provinsi API Jatim, Senin (8/4/2013).

Dalam acara tersebut dilakukan pemilihan kepengurusan baru API Jatim periode 2013 – 1016, dimana Sherlina terpilih lagi menjadi ketuanya.

Wanita yang juga Dirut PT Ramagloria Sakti Tekstil Industri itu telah menjadi ketua asosiasi tersebut periode 2007 – 2010 dan 2010 – 2013.

Sherlina menambahkan pengoperasian STTT di Surabaya memperoleh dukungan dana dari Kementerian Perindustrian berupa beasiswa, sehingga peserta didik sekolah tinggi tersebut tidak membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang semestinya sebesar Rp1 juta per bulan.

Seluruh lulusan STTT disebutkan akan diserap kalangan industri tekstil anggota API Jatim yang berjumlah 32 perusahaan terdiri dari pemintalan benang, pertenunan, perajutan, pencelupan dan garmen.

“Kebutuhan tenaga D-1 pertekstilan sangat besar, maka kami dalam tahun ajaran 2014 akan mengajukan kepada pemerintah agar menambah pemberian beasiswa menjadi 50 orang mahasiswa,” tutur Sherlina.(k22/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Adam A Chevny
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper