Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BALIKPAPAN: Pertumbuhan jumlah kantor bank di Balikpapan pada 2011 mencapai 12% atau seluruhnya berjumlah 177 kantor dari sebelumnya hanya sekitar 158 kantor yang menandakan ekspansi jangkauan perbankan terus dilakukan. 
 
Pemimpin Kantor Bank Indonesia (KBI) Balikpapan Tutuk S.H Cahyono mengatakan pertumbuhan tersebut didominasi oleh pertumbuhan kantor cabang pembantu yang tumbuh 16% dari 95 kantor menjadi 11 kantor. 
 
“Ini akan membantu pertumbuhan bisnis perbankan di area kerja KBI Balikpapan yang tahun lalu mencapai hampir 30%,” ujarnya. 
 
Ekspansi yang dilakukan oleh perbankan di area kerja KBI Balikpapan banyak dipusatkan di wilayah timur dan utara Balikpapan serta Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU). Dua kabupaten ini masih sedang bertumbuh kegiatan ekonominya sehingga dukungan perbankan masih perlu ditingkatkan. Sementara wilayah timur dan utara Balikpapan diproyeksikan menjadi daerah pengembangan kota yang juga memerlukan  kantor perbankan. 
 
Tutuk mencontohkan lokasi Kawasan Industri Kariangau (KIK) di utara Balikpapan menjadi satu sasaran yang disasar perbankan untuk membantu penyaluran kredit. Sementara, wilayah timur Balikpapan yang diproyeksikan menjadi kawasan wisata juga menjadi daya tarik 
tersendiri karena akan banyak wisatawan yang akan berkunjung di wilayah itu. 
 
Kendati demikian, dia belum menerima rencana bisnis bank (RBB) 2012 yang masih belum selesai pelaporannya. Tutuk mengatakan setidaknya pada Pebruari atau Maret, pihaknya sudah bisa mengetahui bagaimana rencana ekspansi kantor perbanan di Balikpapan.(sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arma Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper