Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cantik sepanjang usia

Perawatan kulit merupakan sebuah investasi jangka panjang dan harus dirawat sejak dini. Jika pada usia muda seseorang sudah rajin merawat kulit, baik dari dalam dengan mengonsumsi suplemen untuk kesehatan kulit, dan memakan makanan yang sehat, sejatinya

Perawatan kulit merupakan sebuah investasi jangka panjang dan harus dirawat sejak dini. Jika pada usia muda seseorang sudah rajin merawat kulit, baik dari dalam dengan mengonsumsi suplemen untuk kesehatan kulit, dan memakan makanan yang sehat, sejatinya dia akan mendapatkan keuntungan, kulit menjadi lebih sehat bercahaya dan terlihat muda lebih lama.

Seperti yang diungkapkan oleh artis film layar lebar Dian Sastrowardoyo dan penyanyi Sherina Munaf. Untuk memperoleh wajah sehat dan bugar, sejak remaja usia belasan tahun, mereka sudah minum suplemen kesehatan untuk kulit yang mengandung vitamin.

Saya sejak duduk di kelas dua SMA sudah disuruh Mama untuk minum suplemen. Ini gunanya untuk masa depan, ya seperti investasilah, ungkap bintang iklan sabun mandi yang juga brand ambassador supplemen kesehatan Natur-E.

Istri Indraguna Sutowo ini mengatakan hingga sekarang dia selalu mengkonsumsi sejumlah suplemen sekaligus, yang memiliki fungsi berbeda untuk kesehatan tubuh dan kulitnya.

Begitu juga dengan Sherina yang minum suplemen sejak kelas satu SMA. Dia mengaku telah merasakan manfaat dari merawat kecantikan kulit sejak dini, yang semakin meningkatkan percaya dirinya untuk berkreasi.

Menurut Sherina, merawat kulit sejak dini merupakan investasi di masa tua nanti, dimana seseorang akan mendapatkan kulit yang sehat alami. Karena itu saya mengajak remaja puteri untuk mulai memerhatikan kesehatan kulitnya, agar terhindar dari permasalahan kulit yang menyebalkan di masa nanti, tambah perempuan yang sekarang juga menjadi ikon Natur-E itu.

Baik Dian maupun Sherina, selain rajin mengkonsumsi suplemen kesehatan, mereka juga melahap makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Sementara untuk perawatan luar, mereka mengaku selalu disiplin dalam membersihkan kulit wajah sehabis terpapar polusi dan sinar matahari di siang hari.Fungsi kulitDokter Michael Reo, pakar kesehatan kulit, menuturkan banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Di antaranya oksidan atau radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, gaya hidup yang tidak baik, polusi udara, pendingin ruangan atau AC, dan karena usia di atas 30 tahun yang mengalami proses degenerasi.

Untuk menjaga kerusakan kulit itu, katanya, dibutuhkan perawatan dari luar seperti mandi, cuci muka, lulur, spa, memakai pelembab dan pelindung matahari. Sementara perawatan dari dalam adalah dengan makan makanan bergizi seperti sayur dan buah, minum air putih yang cukup sampai tiga liter per hari, olahraga teratur, serta mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E alami (antioksidan).

Dia menjelaskan vitamin E berhubungan erat dengan kesehatan kulit. Kulit yang sehat, tentunya akan memancarkan aura kecantikan dari dalam. Dan ini, kata dia, tidak bisa diperoleh secara instan.Butuh proses panjang dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit agar terlihat cantik, ujarnya.

Menurut dia, kulit memerlukan nutrisi yang cukup dan tepat untuk bisa melakukan fungsinya dengan baik. Dia mengatakan ada dua fungsi kulit, yaitu untuk fungsi kesehatan dan fungsi kecantikan.Sebagai fungsi kesehatan, kulit bekerja memproteksi tubuh dari masuknya kuman, menjaga kelembaban tubuh, mengatur suhu tubuh, dan memproteksi tubuh dari sinar matahari yang mengandung ultra violet dan berbahaya bagi kulit bila lama terpapar.

Sementara untuk fungsi kecantikan, kulit yang sehat akan memancarkan cahaya yang cantik dari dalam melalui penampilan kulit yang cerah, segar, dan kenyal elastis, halus, serta bercahaya.Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kata Michael, vitamin E berperan penting dalam pembentukan kulit yang sehat.

Banyak penelitian menyebutkan, dari sekian persen kebutuhan nutrisi untuk kulit, vitamin E menyumbang sekitar 50%. Vitamin ini berperan pada regenerasi kulit yang biasanya terjadi dalam 28-31 hari sekali, ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, kecukupan vitamin E dan nutrisi lainnya akan membuat proses regenerasi kulit berjalan baik. Hasilnya kulit tampak selalu muda, kenyal, lembab, dan tidak keriput.

Sementara regenerasi yang tidak baik, ujarnya, membuat kulit menjadi tipis sehingga penguapan menjadi lebih cepat, dan kulit menjadi kering. Vitamin E, lanjutnya, juga bekerja sebagai penangkal radikal bebas sehingga kulit tidak cepat rusak.

Vitamin E, tambahnya, banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji bunga matahari. Kebutuhan vitamin E per hari, tergantung pada usia seseorang. Sebab, makin tua usia seorang perempuan, makin rendah produksi hormon estrogennya, makin rendah produksi kelenjar minyak di kulit, dan makin kering kulitnya.

Dia juga memaparkan untuk mengecek suatu produk kesehatan kulit berupa krim atau cairan, cocok atau tidaknya dengan kulit wajah seseorang, sebaiknya dites dulu dengan mengoleskannya sedikit di bagian paling sensitif pada tubuh, yaitu di balik telinga.

Krim atau cairan produk kecantikan itu biarkan selama 24 jam di belakang telinga karena kulit pada bagian itu mendekati kulit pada bagian wajah. Setelah itu baru dilihat, apakah terada gatal-gatal, atau warnanya berubah jadi hitam, atau lainnya. (swi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper