Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Klub Bola Favorit Cawapres Ma’ruf Amin

Calon wakil presiden Ma’ruf Amin berbicara seputar sepak bola ketika menerima awak media di kediamannya. Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu menceritakan klub-klub sepak bola kegemarannya.
K.H Ma'ruf Amin saat berbicara tentang klub bola kesayangannya/Bisnis-Muhammad Ridwan
K.H Ma'ruf Amin saat berbicara tentang klub bola kesayangannya/Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Calon wakil presiden Ma’ruf Amin berbicara seputar sepak bola ketika menerima awak media di kediamannya. Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu menceritakan klub-klub sepak bola kegemarannya.

Dia menuturkan sudah beberapa kali mengganti klub sepak bola jagoannya .

Dulu Ma’ruf Amin sempat menjagokan klub sepak bola asal Italia yang berjuluk Rossoneri alias AC Milan. Itu terjadi saat Milan diperkuat trio Belanda Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Van Basten.

“Belakangan saya kecewa, karena AC Milan malah bukan jadi dream team,” tuturnya di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Setelah itu, dia menjagokan klub Inggris yang bermarkas di kota Manchester. Klub dengan julukan Setan Merah pernah dijagokan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu. Selepas ditinggal sang pelatih legendaris Sir Alex Ferguson, Ma’ruf berpaling.

“Dulu MU [Manchester United] waktu pelatihnya Sir Alex Ferguson, masih Ronaldo di MU kan, ada strikernya Wayne Rooney, belakangan melorot lagi,” ucapnya.

Ma’ruf memilih berpaling ke rival satu kota si Setan Merah, kini dia menjagokan Manchester City. “Belakangan saya seneng Manchester City karena menangan,” tuturnya.

Kegemarannya terhadap sepak bola dibawanya ke dalam strategi berkampanye. Dia berencana membagikan bola saat kunjungannya ke daerah.

Kurang lebih 5.000 bola sepak akan dibagikannya selama kunjungan ke setiap daerah.

“Kita akan bagi nanti di berbagai daerah [sebuah] bola. Mudah-mudahan Indonesia [sepak] bolanya makin hari makin bagus,” ujar Ma'ruf.

Dia memiliki harapan agar sepak bola di Indonesia kembali ke masa kejayaannya saat Tim Nasional Indonesia dipunggawai oleh Ramang yang mampu membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

“Kalau Korea Selatan saja itu lewat, bisa menang dengan Australia, draw dengan lokomotif Rusia, kapan masa itu datang lagi? Kira-kira mestinya kita lebih baik, apakah kita yang ketinggalan, apa orang yang terlalu cepat pintar?” ujar Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper