Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Agama Buka Konferensi Musik IAIN Ambon

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Konferensi Musik IAIN Ambon yang pertama kali digelar di Pusat Kajian Musik Islam IAIN Ambon.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin/Kemenag.go.id
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin/Kemenag.go.id

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Konferensi Musik IAIN Ambon yang pertama kali digelar di Pusat Kajian Musik Islam IAIN Ambon.

Konferensi ini mengusung tema "Islam, Music, Peace in Indonesia and Beyond". Pembukaan konferensi itu juga dihadiri oleh Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisuta, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon, Kepala Biro Perencanaan Ali Rokhmad, Sekretaris Menteri Khoirul Huda dan sejumlah musisi, termasuk Glenn Fredly.

Gedung Pusat Kajian Musik Islam juga dipenuhi civitas akademika IAIN Ambon. Konferensi ini terselenggara hasil kerja sama Pusat Kajian Musik IAIN Ambon dengan Pemprov Maluku, Pemkot Ambon, Ambon Music Office.

Dalam sambutannya, Lukman mengajak masyarakat untuk menjadikan musik sebagai instrumen menenangkan hati dan emosi, media pemersatu bangsa, media komunikasi dan silaturahim antar anak bangsa, serta pemantik wisatawan mancanegara

"Pemerintah saat ini memberi perhatian besar terhadap musik dengan mengembangkannya sebagai industri kreatif. Di kabinet, bahkan sekarang ada grup musik Elek Yo Band," terang Menag di Ambon, Senin (5/3/2018) dalam keterangan tertulis.

"Selamat berdiskusi. Semoga Konferensi Musik Islam IAIN Ambon 2018 mampu menghasilkan rumusan untuk mengembangkan musik Indonesia di kancah internasional," tandasnya.

Pembukaan Konferensi Musik IAIN Ambon juga dimeriahkan dengan penampilan KunoKini. Musik KunoKini memanfaatkan kekayaan instrumentalia tradisional Indonesia. KunoKini menyatukan bunyi-bunyian Suling Sunda, Taganing Batak, Kerang Irian, Gendang Jawa, Gendang Betawi, Rebana Biang, Serunai, Sampelong & Saluang dari Padang, dan Set Rebana Soko Guru.

Dalam kesempatan ini, Menteri Agama juga meresmikan Pusat Kajian Musik Islam IAIN Ambon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper