Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga Hartarto Tegaskan Golkar Butuh Perubahan

Calon Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartanto mengatakan Golkar perlu melakukan perubahan guna meningkatkan elektabilitas dalam menghadapi pemilihan umum mendatang.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto/Bisnis.com-Irene Agustine
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto/Bisnis.com-Irene Agustine

Kabar24.com, YOGYAKARTA - Calon Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartanto mengatakan Golkar perlu melakukan perubahan guna meningkatkan elektabilitas dalam menghadapi pemilihan umum mendatang.

"Golkar berada dalam situasi di mana perubahan itu adalah sesuatu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan elektabilitas dalam persiapan menuju Pemilu 2018 dan Pemilu 2019," kata Airlangga Hartanto di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (9/12/2017).

Di sela doa bersama dan deklarasi dukung Airlangga Hartanto menjadi Ketua Umum Golkar di Graha Gandung Pardiman Center (GPC) Desa Karangtengah Imogiri, Airlangga mengatakan dan tentu harapannya Golkar itu menjadi agen dari perubahan internal itu sendiri.

"Jadi Golkar harus kembali kepada 'khitoh'nya kembali kepada masyakarat, kembali kepada kebiasaan, kembali kepada tradisinya, tetapi Golkar harus bangkit dan Golkar harus bersih. Nah itu beberapa hal yang harus kita dorong," katanya.

Namun demikian, ketika ditanya terkait dirinya yang berpotensi menduduki ketua umum, namun di sisi lain ada pandangan lain, Airlangga yang sekarang ini menjabat Menteri Perindustrian ini mengatakan, Partai Golkar adalah partai terbuka.

"Golkar partai terbuka, tidak ada yang menjadi milik keluarga, bukan milik dinasti, karena tidak ada dinasti tidak ada keluarga, partai ini milik masyarakat, jadi dalam proses pengadilan keputusan itu selalu dilakukan secara demokrasi," kata Airlangga.

Ia melanjutkan, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam proses mekanisme penentuan ketua umum, dan nantinya akan diputuskan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar yang sedang direncanakan.

"Nah surat permohonan diadakan munaslub merupakan salah satu mekanisme di internal Partai Golkar, kalau Golkar ini secara dewasa mampu selesaikan persoalan di internal. Oleh karena itu pada saat Munaslub pasti dibuka kepada calon-calon ketum ikut dalam kontestasi di Munaslub," katanya.

Airlangga menambahkan, tidak pernah ada munaslub tanpa ada kontestasi yang sejauh itu dijalankan sesuai dengan prosedur AD/ART (aturan dasara/aturan rumah tangga) yang dimaksud," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi yang turut hadir pada kesempatan itu mengatakan, pada hari ini Airlangga Hartanto memulai safari untuk melakukan silaturahmi dengan keluarga besar Partai Golkar.

"Dan kita mulai perubahan ini dari Jogja (Yogyakarta), karena Jogja memiliki sejarah panjang tentang perjuangan RI dan hari ini kita berjuang untuk mengembalikan kejayaan Golkar di tengah masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper