Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Arab, UEA, & Mesir Putus Hubungan dengan Qatar

Uni Emirat Arab (UEA), Senin (5/6/2017), memutuskan hubungan dengan Qatar menurut siaran Kantor Berita WAM, menuduh negara di Teluk Arab itu mendukung ekstremisme serta meruntuhkan stabilitas regional.
Palm Island di Dubai/Istimewa
Palm Island di Dubai/Istimewa

Kabar24.com, DUBAI -- Uni Emirat Arab (UEA), Senin (5/6/2017), memutuskan hubungan dengan Qatar menurut siaran Kantor Berita WAM, menuduh negara di Teluk Arab itu mendukung ekstremisme serta meruntuhkan stabilitas regional.

Emirat memutuskan hubungan dengan Qatar dan memberi waktu 48 jam kepada para diplomatnya untuk meninggalkan negera tersebut.

Menurut siaran WAM, pemutusan hubungan dilakukan karena Qatar memberi "dukungan, pendanaan dan merangkul teroris, ekstremis dan organisasi sektarian".

Kantor berita Arab Saudi, SPA, juga menyiarkan bahwa Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dan menutup perbatasan dengan negara tetangganya untuk "melindungi keamanan nasional mereka dari bahaya terorisme dan ekstremisme".

Seorang pejabat Saudi yang dikutip SPA mengatakan, mereka memutuskan untuk "memutuskan hubungan diplomatik dan konsuler dengan Qatar, dan menutup semua pelabuhan darat, laut dan udara" untuk kendaraaan dari Qatar.

Langkah "menentukan" itu diambil karena "pelanggaran berat yang dilakukan otoritas Qatar selama beberapa tahun terakhir" menurut pernyataan Arab Saudi yang dikutip kantor berita AFP.

Mesir pada Senin juga menyatakan memutuskan hubungan dengan Qatar, menuduh negara Teluk Arab itu mendukung kelompok teroris termasuk Ikhwanul Muslimin menurut siaran kantor berita Mesir yang dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper