Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mnuchin: Reformasi Pajak Akan Dorong PDB AS Tumbuh 3%

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin meyakini, pertumbuhan ekonomi AS akan menembus 3% dalam dua tahun ke depan. Kebijakan reformasi pajak disebutnya sebagai pendorong utama tercapainya target tersebut.
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin/Reuters-Fred Prouser
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin/Reuters-Fred Prouser

Bisnis.com, WASHINGTON— Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin meyakini, pertumbuhan ekonomi AS akan menembus 3% dalam dua tahun ke depan. Kebijakan reformasi pajak disebutnya sebagai pendorong utama tercapainya target tersebut.

Menteri Keuangan A.S. Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin bahwa pertumbuhan ekonomi tiga persen dapat dicapai dalam dua tahun ke depan karena administrasi Trump menetapkan untuk memotong secara dramatis pajak.

Pernyataan itu dikeluarkannya saat menjadi pembicara di Milken Institute Global Conference di Beverly Hills, California, Senin (1/5/2017) waktu setempat. Ucapan Mnuchin ini seolah menjadi penegas upaya pemerintah AS dalam menerapkan reformasi pajak dengan memangkas tarif pajak perusahaan dan perorangan yang ada saat ini guna mendorong perekonomian nasional.

“Rencana reformasi pajak adalah upaya kami dalam mewujudkan janji kami,” kata Mnuchin, seperti dikutip dari Reuters (2/7/2017).

Komentar Mnuchin ini juga dinilai oleh banyak pihak sebagai upaya meredam kekhawatiran pasar atas capaian produk domestik bruto (PDB) AS pada kuartal I/2017. Seperti diketahui, PDB AS pada Januari-Maret 2017 hanya tumbuh 0,7% atau melambat dari kuartal IV/2016 yang mencapai 2,1%.

Selain itu, pernyataan Menteri Keuangan AS itu juga dianggap sebagai penjelasan lanjutan atas pengumuman rencana reformasi pajak yang dilakukan Gedung Putih pada Rabu (26/4/2017) lalu. Pasalnya, pengumuman perpajakan yang dilakukan AS pekan lalu tersebut dinilai pasar terlalu ambisius dan tidak memiliki detil yang diharapkan. Alhasil, pasar pun merespon negatif pengumuman tersebut.

Scott Minerd, Kepala Investasi Global di Guggenheim Patners mengatakan, AS saat ini sedang berupya membangun kembali kepercayaan pasar. Dia melihat atmosfer di pasar yang selama ini mengandung optimisme yang kuat pada pemerintahan Presiden Donald Trump, perlahan telah memudar.

 "Saya khawatir jika kita tidak melihat reformasi pajak atau kesehatan pada akhir tahun, pasar akan mulai meragukan kemampuan pemerintah AS untuk memenuhi ekspektasi yang ada selama ini," ujarnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh David Solomon, Presiden sekaligus Chief Operating Officer Goldman Sachs. Menurutnya, optimisme pasar di awal masa jabatan Trump mungkin akan memudar dalam beberapa waktu ke depan.
"Kuartal ini saya rasa keyakinan akan reformasi perpajakan dan terbitnya peraturan baru yang mendukung perekonomian AS terus turun," katanya
Mnuchin dia saat ini sedang bekerja keras dengan para pemimpin Kongres AS untuk mendorong reformasi pajak. Dia pun berharap mendapat dukungan Partai Republik maupun Partai Demokrat.

Dalam wawancaranya kepada CNBC di sela-sela konferensi, Mnuchin mengatakan bahwa usulan pajak tersebut sengaja tidak terlalu detil. Keputusan itu diambil agar pemerintah dapat bekerja sama dengan legislator untuk membuat kebijakan yang dapat menampun usulan para anggota Kongres AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper