Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kos-kosan Jadi Target Pencurian Bermodus Menawarkan Dagangan

Selain rumah kosong, kos-kosan sepertinya kini menjadi sasaran empuk para pelaku pencurian.
Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya Hendy F. Kurniawan/Juli Etha Ramaida Manalu
Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya Hendy F. Kurniawan/Juli Etha Ramaida Manalu

Kabar24.com, JAKARTA - Selain rumah kosong, kos-kosan sepertinya kini menjadi sasaran empuk para pelaku pencurian. Hal ini diketahui dari operasi penangkapan seorang pria berinisial BS dan wanita dengan inisial IM pada 10 Januari lalu di sebuah kos-kosan di wilayah Tamansari, Jakarta Barat.

Kedua orang ini diamankan karena ketahuan melakukan tindakan pencurian di sejumlah kos-kosan di beberapa wilayah di Jakarta dengan modus berpura-pura menawarkan kue.

“Dia [pelaku] pura-pura masuk ke ruang-ruang di kos-kosan menawarkan kue, tetapi ketika mendapati pintu terbuka dan mungkin penghuni sedang di kamar mandi atau apa dia akan masuk mengambil [mencuri],” sebut Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F. Kurniawan, Kamis (26/1/2017).

Hendy menuturkan dalam melaksanakan aksinya, IM akan berperan menawarkan kue kepada para penghuni kos-kosan sembari memantau benda apa saja yang bisa digasak dan mencari-cari kesempatan untuk mengambil benda milik penghuni kos-kosan ketika mereka lengah atau membiarkan pintu kamar kos terbuka tanpa pengawasan.

Sementara itu, BS berperan mengawasi keadaan di sekitar ketika IM melakukan aksinya. Berdasarkan peagakuan keduanya, mereka telah melakukan aksi yang sama di berbagai lokasi kos-kosan seperti Kebon Jeruk, Bekasi, Jatinegara, Tanah Abang, Tangerang dan lain lain.

Adapun kos-kosan yang menjadi target dipilih secara acak. “Istilahnya dia bangun tidur, berangkat mencuri,” tambahnya.

Untuk itu Hendy mengimbau agar para penghuni kos-kosan untuk tetap waspada dan tetap mengunci pintu kamar kos meskipun sedang berada dan beraktivitas di dalam kos. Hendy pun mengimbau agar pemilik atau pengelola kos-kosan lebih waspada, melengkapi alat pengaman seperti membangun pagar dan menempatkan petugas keamanan.

“Dengan maraknya kejadian pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan, kita berkaca dari kejadian di Pulomas, pelaku mencari target yang menarik untuk menjadi korban misalnya pagar yang tidak terkunci. Bagi penghuni kos untuk tetap mengunci kamar meskipun beraktivitas di dalam kamar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper