Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Minta Presiden Jokowi Segera Angkat Menteri ESDM Definitif

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyarankan Presiden Jokowi segera mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara definitif.
Arcandra Tahar saat menjabat Menteri ESDM/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Arcandra Tahar saat menjabat Menteri ESDM/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyarankan Presiden Jokowi segera mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara definitif.

Menurut politisi dari Partai Demokrat ini, selaku Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman yang kini menjadi pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, Luhut Panjaitan sudah terbebani tugas yang berat.

"Memang saat ini Presiden sudah menunjuk pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, yakni Pak Luhut, tetapi kan beliau juga menjabat Menko Kemaritiman dan harus mengkoordinasi kementerian lain yang terkait kemaritiman," ujar Agus di Gedung DPR, Selasa (13/9/2016).

Apalagi kata Agus, ESDM merupakan pos kementerian yang penting. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya energi dan mineral yang harus dikelola dengan baik.

“Dengan pengangkatan Menteri ESDM definitif, diharapkan dapat memperbaiki tata kelola energi dan sumber daya mineral di Indonesia,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Dia menyatakan pentingnya urusan ESDM itu adalah karena saat ini hampir sebagian besar sumber daya energi milik Indonesia banyak dinikmati pihak asing.

Saat ditanya siapa sosok yang pantas menempati kursi Menteri ESDM, Agus mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Ditanya kemungkinan Arcandra Tahar kembali menduduki kursi Menteri ESDM, Agus menegaskan sebaiknya diserahkan kepada aturan dan proses yang berlaku.

"Jadi jangan menebak-nebak, itu masih wacana dan yang namanya wacana kan tidak bisa dipastikan. Biar nanti sama-sama kita lihat dan semua tentu harus melalui aturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengaku sudah mendengar informasi yang berkembang di publik terkait kemungkinan mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar diangkat kembali menjadi menteri.

Namun, secara pribadi politisi PKS itu meyakini Presiden tidak akan mengambil risiko untuk memberi kembali kursi menteri kepada Arcandra. Dia meyakini bahwa Presiden akan menggunakan keahlian Arcandra untuk pos lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper