Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dilanda Kekeringan Parah, Kamboja Laksanakan Ritual Sawah

Kamboja melaksanakan ritual membajak setelah dilanda kekeringan terparah dalam setengah abad terakhir yang mengakibatkan negara tersebut harus menunda penanaman padi.
Salah Satu Acara Ritual Pangan/Ilustrasi-Kominfo
Salah Satu Acara Ritual Pangan/Ilustrasi-Kominfo

Bisnis.com, PHNOM PENH - Kamboja melaksanakan ritual membajak setelah dilanda kekeringan terparah dalam setengah abad terakhir yang mengakibatkan negara tersebut harus menunda penanaman padi.

Tertundanya musim penghujan tahunan  di negara tersebut memperburuk kekeringan yang terjadi dan memaksa para petani untuk menunda proses penanaman padi tahun ini.

Dalam upacara tersebut dua ekor sapi digiring menuju tujuh bahan makanan yang disajikan dalam mangkuk. Disaksikan oleh Raja Kamboja, Norodom Sihamoni dan ribuan khalayak ramai, dua ekor sapi tersebut memakan 90% masing-masing tiga sajian dari tujuh jenis sajian yang dihidangkan dalam mangkuk.

Setiap tahunnya, para astrolog istana memprediksi musim panen berdasarkan jenis dan jumlah pangan yang dipilih oleh sapi. Para astrolog juga berdoa agar hujan segera datang.

“Panen beras akan baik,” ujar Korng Ken, pendeta dari Kaum Brahma yang mengenakan pakaian tradisinal berwarna putih seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/5/2016).

Namun, Keo Vy, juru bicara Pusat Penanganan Bencana Thailand (National Center for Disaster Management/NCDM ) mengatakan sejauh ini jumlah curah hujan masih belum cukup untuk bisa memulai penanaman padi.

Otoritas setempat harus berusaha mendistribusikan air mengunakan truk ke 18 dari 25 provinsi yang ada di Kamboja. Sekitar 2.5 juta penduduk dilaporkan terdampak oleh kekeringan tersebut. “Kami mengetahui bahwa panen dan ekspor terdampak [oleh kekeringan],” ujar Keo Vy.

Kekeringan juga berkontribusi besar dalam merosotnya ekspor tahun lalu yang jauh di bawah target 1 juta ton. Selain itu, ada pula faktor finansial dan melimpahnya pasokan global.

Kann Kunthy, Chief Executive penggilingan padi Brico mengatakan industri lokal juga khawatir akan terjadinya banjir setelah kekeringan. Ramalan internasional menunjukkan akan adanya kemunginan terjadinyan La Nina tahun ini yang mendatangkan curah hujan berlebih di wilayah tersebut.

“Petani tidak bisa menanam padi karena kekeringan dan biasanya setelah kekeringan berakhir akan terjadi banjir dan ini menjadi kekhawatiran lain,” kata Kunthy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper