Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON HAKIM MK: Kata Fahri, MK Tak Bisa Keberatan

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) tak berhak mengeluarkan surat berisi tidak setuju pembentukan panitia seleksi (pansel) pemilihan calon hakim MK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Fahri Hamzah/Antara
Fahri Hamzah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) tak berhak mengeluarkan surat berisi tidak setuju pembentukan panitia seleksi (pansel) pemilihan calon hakim MK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira itu bukan ranah MK (mengeluarkan surat). Kan MK itu hanya menerima hasil dari seleksi. Kalau ada complain atau keberatan, tidak disampaikan secara kelembagaan MK. Tapi secara pribadi boleh keberatan dengan pansel yang dibentuk oleh Presiden," kata Fahri di Gedung DR, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Bila pun secara kelembagaan berkeberatan, maka itu karena alasan kesalahan administrasi.

"Kecuali secara administrasi bahwa pihak yang disebut (anggota pansel) terkait dengan sengketa pilkada masa lalu. Kalau orang yang ditunjuk ada dan diduga melakukan tindakan yang menurut hemat para majelis dan rekomendasi dari MK salah, saya kira itu faktanya, disampaikan ke pemerintah," kata Fahri.

MK mengeluarkan surat ketidaksetujuan atas pembentukan pansel pemilihan hakim MK oleh Presiden Jokowi karena dua anggota Pansel hakim MK Refly Harun dan Todung Mulya Lubis sering mewakili pihak berperkara di MK. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Ahok Minta Pemakaian Dana Bencana Transparan

Selamat! Inilah Bayi Perempuan Anang & Ashanty

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper