Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penggembokan Mesjid Al Misbah: GKPB Minta Kebebasan Beragama Ditegakkan

Gerakan Kebhinekaan Untuk Pemilu Berkualitas (GKPB) mengecam tindakan Pemerintah Kota Bekasi beserta aparat kepolisian dan TNI dari Kodim Bekasi karena menggembok Mesjid Al Misbah Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.
Penyegelan mesjid Ahmadiyah, Al Misbah/Antara
Penyegelan mesjid Ahmadiyah, Al Misbah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Gerakan Kebhinekaan Untuk Pemilu Berkualitas (GKPB) mengecam tindakan Pemerintah Kota Bekasi beserta aparat kepolisian dan TNI dari Kodim Bekasi karena menggembok Mesjid Al Misbah Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.

Tindakan penggembokan itu adalah yang kedua kalinya dilakukan Pemkot Bekasi. Sebelumnya, 8 Maret 2013 Pemkot Bekasi melakukan penggembokan dan 4 April pemasangan seng di Mesjid Al Misbah tersebut.

Sebelum penggembokan, Jumat (16/5/2014), segerombolan masyarakat tak dikenal melakukan intimidasi terhadap Jemaah Ahmadiyah Indonesia yang sedang melaksanakan ibadah di Mesjid Al Misbah dan menghalangi JAI saat menuju mesjid.

Aktivis GKPB Uli Parulian Sihombing mengatakan intimidasi dan penggembokan masjid, merupakan perlakuan tidak adil yang diterima masyarakat minoritas, yang didahului tekanan dari kelompok massa, sehingga Pemkot Bekasi tidak bisa berbuat adil.

Kasus penggembokan dan pemasangan seng di Mesjid Al Misbah Jatibening terjadi pada saat proses hukum di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara sedang berjalan.

Pihak JAI memang dikalahkan di dalam kasus penggembokan di PTUN Bandung, tetapi di dalam kasus pemasangan seng pihak JAI dimenangkan juga di PTUN Bandung.

Bahkan, di dalam substansi putusan PTUN Bandung dalam kasus penggembokan awal, secara tegas dinyatakan bahwa hak ibadah JAI tidak boleh dilanggar walaupun sedang ada proses hukum.

Dari hal ini, sangat jelas Pemkot Bekasi, Polres dan Kodim Bekasi tidak menghormati upaya hukum yang ada.

“Tindakan melakukan penggembokan yang kedua kalinya ini merupakan bentuk pelecehan atas upaya hukum yang sedang berjalan,” tulis Uli Parulian dalam siaran resmi yang diterima Bisnis, Minggu (18/5/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper