Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keluarga SBY Tunjuk Penasihat Hukum, Anas: Ada Masalah Serius

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan penunjukan penasihat hukum keluarga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, mudah ditafsirkan sebagai ekspresi kekhawatiran.

 

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan penunjukan penasihat hukum keluarga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, mudah ditafsirkan sebagai ekspresi kekhawatiran.

"Logikanya, kalau tidak merasa ada sesuatu yang serius, mungkin tidak perlu. Tapi, mungkin merasa ada yang serius, lalu ditunjuk pengacara," kata Anas. Anas melanjutkan, "Memang ada yang menafsirkan, berarti ada sesuatu yang membuat Pak SBY dan keluarga khawatir."

Namun, Anas mengatakan penunjukan pengacara keluarga sebagai hal yang wajar untuk membantu menghadapi masalah-masalah hukum.

"Pertanyaannya kemudian, khawatirnya terhadap masalah apa? Masalah politik? Masalah opini? Masalah pemberitaan? Masalah hukum? Itu yang bisa jawab Pak SBY dan keluarga". Anas mengatakan alasan manusiawi jika penunjukan penasihat hukum dilatarbelakangi kekhawatiran.

"Tapi kalau konteks spesifik untuk menghadapi fitnah-fitnah di media, yang bisa berkomentar ya para pemimpin redaksi media. Itu jika konteksnya untuk hadapi fitnah-fitnah di media".

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan tidak ada tim advokasi Presiden, tapi tim advokasi keluarga Susilo Bambang Yudhoyono. Menkopolhukam mengatakan penunjukan penasihat hukum itu merupakan urusan keluarga Susilo Bambang Yudhoyono dan bukan urusan pemerintahan.

Sementara, Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan penunjukan tim pengacara keluarga sebagai hal wajar. "Di negara lain pun Presiden menunjuk seorang pengacara sebagai pengacara keluarga. Itu lazim". (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper