Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BOEDIMAN KUSIKA: Gara-Gara Jokowi Pejabat DKI Ganti Seiko dari Rolex

Ke mana Boediman Kusika selama ini? Rupanya pada usianya yang ke 78, pengusaha properti yang merupakan pendiri Metropolitan Development Group itu masih gesit berkarya.Di tengah kesibukannya mengembangkan Grage Group yang berbasis di Cirebon dia tetap

Ke mana Boediman Kusika selama ini? Rupanya pada usianya yang ke 78, pengusaha properti yang merupakan pendiri Metropolitan Development Group itu masih gesit berkarya.Di tengah kesibukannya mengembangkan Grage Group yang berbasis di Cirebon dia tetap mencemati Jakarta, terutama pemerintahan daerah di mana dia sempat mengabdi ketika bersama Ali Sadikin membangun bumi Betawi itu.Kini dia mencermati kinerja gubernur DKI Jakarta Joko Wibowo alias Jokowi. Dia pun mencermati sikap dan tabiat para pejabatnya. Apa beda penampilan pegawai pemerintah provinsi DKI Jakarta dahulu dan sekarang? "Dahulu mereka pakai jam tangan Rolex sekarang cuma Seiko, malu sama Pak Jokowi," kata bos Grage Group itu di Bali Sabtu (1/12/2012).Dalam pandangan kakek 17 cucu itu (4 cowok dan 13 cewek) kinerja Jokowi meskipun belum genap 2 bulan menjabat sudah mulai terlihat. Penampilannya saja sudah mengubah pola kerja para birokrat. "Ibu-ibunya juga berubah, sekarang mereka menggunakan tas lokal. Dahulu tasnya produk impor dari luar negeri," ujarnya lagi.Perhatian Budiman terhadap Jakarta tak pernah putus. Ia bercerita ketika Fauzi Bowo masih sebagai gubernur pun ia sering mengingatkan agar Jakarta dikelola dengan baik. Ia menasehati Foke, begitu panggilan akrab Fauzi Bowo, sejak 2 tahun menjelang berakhirnya jabatan gubernur perioder 2007-2012 itu. "Saya bilang do some thing dong soal pajak kendaraan sehingga kemacetan bisa diatasi, tapi dia [Foke] nggak melakukannya."Ngobrol dengan pria yang sarat pengalaman di dunia bisnis itu memang mengasyikkan. Dia tidak hanya cermat bicara bisnis tetapi juga politik. Sebenarnya pemerintahan cukup bagus, katanya, hanya saja korupsinya yang tak terbendung. "DPR juga terlibat korupsi. KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] diperlemah, saya jadi prihatin."Pembicaraan soal politik makin asyik ketika ia bercerita tentang anaknya,  Bamunas Setiawan Boediman yang akrab disapa Oki. Anak keduanya itu memantapkan diri menjadi salah satu bakal calon (balon) Walikota Cirebon pada Pemilukada Kota Cirebon 2013 dengan kendaraan politik Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP).Apalagi bicara soal bisnis, pengusaha asal Cirebon itu, makin antusiasi. Kini ia Grage @TB Simatupang Jakarta yang akan dibangun dua tower apartemen, dua tower office dan sebuah tower hotel.Tahap pertama, akan dibangun satu tower apartemen setinggi 33 lantai dengan 220 unit dan ditargetkan selesai dalam waktu 18 bulan. Ia menggandeng kontraktor terkenal dari Jepang, Shimitzu. "Makanya meskipun belum rampung tapi unit apartemen sudah terjual," ujarnya bangga.

Ia juga semangat bercerita tentang hajatannya pekan lalu dalam ulang tahun ke-16 mal miliknya di Cirebon. Untuk menghormati para pejuang, ia menggelar porgram Grage Group Bersama Veteran dengan tema "Satu Hati Satu Cinta Bersama Veteran" (foto).

Apa resepnya ia tetap bugar di usia senja? "Saya nggak makan nasi." (LN) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper