Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Semringah dan Beri Hormat ke Prabowo Saat Namanya Disebut

Saat namanya dipanggil Prabowo, Anies berdiri, tersenyum lebar sambil beberapa kali memberikan hormat
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Anies Baswedan menghadiri upacara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Dalam sambutannya, Prabowo menyapa semua tamu undangan penting, termasuk Anies Baswedan. Saat namanya dipanggil, Anies berdiri, tersenyum lebar sambil beberapa kali memberikan hormat kepada Prabowo.

Anies Semringah dan Beri Hormat ke Prabowo Saat Namanya Disebut

Adapun, Mantan Gubernur Jakarta sekaligus bekas calon presiden 2024 Anies Baswedan tiba di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024) untuk menghadiri Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Anies tiba di lobi Gedung MPR sekitar pukul 08.21 WIB. Dia tiba mengenakan setelan jas berwarna gelap.

Sesampainya di lobi Gedung MPR, Anies sempat bersalaman dengan Sekjen PAN Eko Patrio. Saat itu, Eko tengah menunggu kedatangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang tiba tidak lama setelah Anies.

Untuk diketahui, Anies berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024. Keduanya bersaing dengan pasangan calon lainnya yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang hari ini dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan sejumlah tamu akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Tercatat, kepala negara dan setingkat kepala negara kurang lebih sekitar 33 yang terdiri dari negara Asean, negara sahabat, dan negara-negara mitra Asean sudah menyatakan diri untuk hadir.

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," ujarnya di Gedung Nusantara, Sabtu (19/10/1024).

Dirinya pun berharap Indonesia sebagai bangsa patut berbangga, lantaran dihormati oleh banyak negara sahabat, negara di sekitar hingga negara di kawasan ini.

Muzani pun mengupayakan Indonesia menjadi tuan rumah yang ramah, baik, menghormati setiap tamu dari manapun berada.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presidennya Jusuf Kalla (JK) sudah mengonfrimasi kehadiran.

"Insyaallah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan Wakil Presiden Hamzah Haz juga akan hadir," ucapnya.

Dua mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Sementara itu, pihaknya masih belum mendapatkan informasi terbaru soal kedatangan Mahfud Md.

"Terus terang saya belum berkomunikasi dengan Prof Mahfud, tapi kalau dengan Pak Muhaimin saya sudah berkomunikasi. Mudah-mudahan Prof Mahfud bisa hadir," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper