Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bocoran Tamu yang Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ada 33 Kepala Negara

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyebut kepala negara yang akan hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran berjumlah 33 negara. Simak selengkapnya.
Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyebut kepala negara yang akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil presiden Terpilih Prabowo-Gibran berjumlah 33 negara.  JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyebut kepala negara yang akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil presiden Terpilih Prabowo-Gibran berjumlah 33 negara. JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan sejumlah tamu akan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Tercatat, kepala negara dan setingkat kepala negara kurang lebih sekitar 33 yang terdiri dari negara Asean, negara sahabat, dan negara-negara mitra Asean sudah menyatakan diri untuk hadir.

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," ujarnya di Gedung Nusantara, Sabtu (19/10/1024).

Dirinya pun berharap Indonesia sebagai bangsa patut berbangga, lantaran dihormati oleh banyak negara sahabat, negara di sekitar hingga negara di kawasan ini.

Muzani pun mengupayakan Indonesia menjadi tuan rumah yang ramah, baik, menghormati setiap tamu dari manapun berada.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presidennya Jusuf Kalla (JK) sudah mengonfrimasi kehadiran.

"Insyaallah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan Wakil Presiden Hamzah Haz juga akan hadir," ucapnya.

Dua mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Sementara itu, pihaknya masih belum mendapatkan informasi terbaru soal kedatangan Mahfud Md.

"Terus terang saya belum berkomunikasi dengan Prof Mahfud, tapi kalau dengan Pak Muhaimin saya sudah berkomunikasi. Mudah-mudahan Prof Mahfud bisa hadir," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin akan berakhir dalam kurun sehari lagi dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 akan digelar Minggu (20/10/2024).

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Nantinya, pelantikan akan dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024 mulai dari pukul 10.00 WIB.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper