Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solek Terakhir Istana untuk Jokowi dan Pertama bagi Prabowo

Istana Kepresidenan dihias untuk melepas Presiden Joko Widodo (Jokowi), sekaligus untuk menyambut presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto.
Suasana Istana Presiden, Jakarta, jelang pelantikan Presiden dan Wapres RI 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming/Bisnis.com - Dany
Suasana Istana Presiden, Jakarta, jelang pelantikan Presiden dan Wapres RI 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming/Bisnis.com - Dany

Bisnis.com, JAKARTA – Istana Kepresidenan bersolek untuk melepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melaksanakan purnabakti hari ini, (20/10), sekaligus untuk menyambut presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan persiapan untuk menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih terus dilakukan, mulai dari petugas yang bersih-bersih ubin dan hingga peremajaan interior di Istana.

“Ya pasti ada satu proses rehabilitasi ya, rehab ya. Supaya wajah istana makin kinclong gitu lah,” ucapnya kepada wartawan di kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

Menurutnya, memang banyak hal yang perlu diperbaiki menjelang presiden baru. Harapannya dengan suasana yang baru, maka turut membawa semangat yang lebih menyala.

Ari juga menekankan bahwa upaya ini juga merupakan bentuk penghormatan kepada Presiden Ke-8 RI Prabowo Subianto.

“Kami bahkan membuat catnya dibuat lebih baru. Karena ini bagian dari selebrasi dan penghormatan kami pada presiden baru yang akan datang,” tuturnya.

Tak hanya di dalam Istana, Ari juga melanjutkan bahwa akan ada banyak pesta rakyat yang disebar di sejumlah titik termasuk lintasan dari Prabowo nanti saat berangkat dari DPR menuju Istana Kepresidenan Jakarta.

Hiburan tersebut, kata Ari, ditujukan untuk masyarakat untuk sama-sama saling memberikan rasa suka cita dalam melepas Jokowi dan menyambut Prabowo. Solek terakhir dan pertama dari masing-masing tokoh negara itu.

“Lintasan dari presiden baru melintasi jalan dan mungkin di setiap jalan akan ada hiburan rakyat. Sehingga ini selebrasi bagi kita semua. Nanti, Presiden baru akan hadir di Istana dan ada proses pelepasan dari Presiden lama,” pungkas Ari.

Jokowi bersama jajaran kabinet kerja
Jokowi bersama jajaran kabinet kerja

Saat ditemui secara terpisah, Petugas Kebersihan Istana Leo pun mengaku menyambut baik agenda Akbar dari Negara itu. Dipercayakan di tiga sektor yaitu lapangan tengah, tiang bendera, dan halaman Istana Negara, dia menyebut semua bersuka cita untuk memoles cantik Istana.

“Tadi mewarnai rumput, terus sama tadi aja memangkas sedikit diluar depan Istana Merdeka. Nanti mungkin kemungkinan nanti lihat mau nyuci aspal kalau kotor, jalur jalan,” ucapnya

Selain itu, petugas teknisi Telkom Indonesia Imran juga mempersiapkan untuk mendukung layanan pengalihan kepemimpinan presiden dari Jokowi menuju Prabowo.

Mempersiapkan videotron, CCTV Paspampres, serta memastikan 20 line telepon untuk media siap untuk digunakan. Kata Imran, nantinya akan ada tiga videotron yang akan menampilkan saksi bersejarah itu

Imran pun bercerita sudah dua hari yang lalu dia bersama dengan tim dengan kisaran 50 orang mempersiapkan semuanya. Mulai dari menarik kabel, perencanaan posisi menaruh videotron dan lainnya.

“Harus clear malam ini, besok sudah nggak mungkin kita kerja wara-wiri kan, sudah ready semua. Kami siapkan jaringan fiber optic, dari posisi di mana, posisi letak, kayak medianya di mana, videotronnya di mana, begitu,” pungkas Imran.

Sambut Utusan Khusus dari Berbagai Negara Sahabat

Mempercantik Istana juga tak dilakukan hanya demi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, tetapi juga memberikan rasa nyaman untuk para utusan khusus dari berbagai negara sahabat yang mulai tiba di Indonesia.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menjadi saksi kedatangan para tamu penting dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu yang telah hadir adalah Linda Thomas Greenfield, utusan khusus Presiden Amerika Serikat. Linda Thomas Greenfield tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Sabtu (19/10/2024) sekitar pukul 14.25 WIB. Kehadirannya menegaskan komitmen Amerika Serikat dalam mendukung demokrasi di Indonesia dan mempererat kerja sama di berbagai bidang.

Sebelumnya, sekitar pukul 13.20 WIB, Pabitra Margherita, utusan khusus Perdana Menteri Republik India, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. India dan Indonesia memiliki hubungan historis yang sangat erat, sehingga kehadiran Margherita menjadi tanda kuat komitmen India untuk terus mempererat hubungan bilateral di masa mendatang.

Pagi hari yang sama, sekitar pukul 09.00 WIB, Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahyan, utusan khusus Presiden Uni Emirat Arab (UEA), tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. PEA selama ini diketahui menjadi salah satu mitra penting Indonesia dalam berbagai bidang.

Nancy Namrouqa, utusan khusus dari Kerajaan Yordania Hasyimiah, juga telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 07.40 WIB. Kehadiran Namrouqa mencerminkan hubungan kuat antara Indonesia dan Yordania, terutama dalam isu-isu perdamaian dan kerja sama antar kedua negara.

Sementara itu, sekitar pukul 06.35 WIB, Ilyas Umakhanov, Senator dari Federasi Rusia, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kehadirannya menjadi simbol penting dari kerja sama strategis antara Indonesia dan Rusia.

Pada dini hari, sekitar pukul 02.27 WIB, dua utusan khusus dari Timur Tengah, Mohamed Abdel-Salam, Sekretaris Jenderal Muslim Council of Elders, dan Osama Al-Azhari, utusan khusus Presiden Republik Arab Mesir, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kehadiran keduanya menegaskan hubungan erat Indonesia dengan dunia Muslim, terutama dalam dialog antaragama.

Wakil Presiden Republik Rakyat China Han Zheng, juga menjadi salah satu pemimpin yang hadir. Dia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 16.30 WIB. 

Kedatangan Han Zheng tidak hanya memperlihatkan eratnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, tetapi juga membawa harapan bagi peningkatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk ekonomi dan infrastruktur.

Wakil Presiden Republik Rakyat China Han Zheng
Wakil Presiden Republik Rakyat China Han Zheng
 

Sebelumnya, Denis Manturov, Wakil Pertama Perdana Menteri Federasi Rusia, telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pagi, pukul 06.35 WIB. Kehadiran Manturov diharapkan akan meningkatkan kerja sama strategis antara Indonesia dan Rusia.

Kemudian, Pany Yathotou, Wakil Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos, tiba pada pukul 11.35 WIB. Kunjungan Yathotou mencerminkan hubungan hangat antara Indonesia dan Laos yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Vo Thi Anh Xuan, Wakil Presiden Republik Sosialis Viet Nam, tiba tak lama setelahnya sekitar pukul 13.00 WIB. Indonesia dan Viet Nam diketahui telah lama menjadi mitra dalam berbagai forum internasional, khususnya dalam konteks ASEAN dan kerja sama maritim.

Sementara itu, sekitar pukul 14.00 WIB, Perdana Menteri Republik Vanuatu, Charlot Salwai Tabimasmas, beserta pendampingnya tiba di Jakarta. Kehadiran Perdana Menteri Vanuatu ini membawa harapan akan semakin baiknya hubungan antara Indonesia dan negara-negara Pasifik.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper