Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Soal BG Hadiri Pembekalan Calon Menteri Prabowo: Tunggu Pengumuman

Puan meminta publik untuk menunggu pengumuman dari Presiden terpilih Prabowo mengenai status Budi Gunawan.
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah), bersama empat Wakil Ketua DPR usai penetapan dan pelantikan pimpinan DPR Periode 2024-2029, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024) sore. ANTARA/HO-DPR RI/aa. (Handout Humas DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah), bersama empat Wakil Ketua DPR usai penetapan dan pelantikan pimpinan DPR Periode 2024-2029, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024) sore. ANTARA/HO-DPR RI/aa. (Handout Humas DPR RI)

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani buka suara terkait kabar mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan ikut pembekalan calon menteri di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). 

Budi, alias BG, belakangan ini dikabarkan masuk dalam bursa calon menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Purnawirawan Polri bintang tiga itu pun diketahui hadir di Hambalang hari ini saat Prabowo memberikan pembekalan kepada calon menteri, wakil menteri dan kepala lembaga. 

"Kita tunggu presiden yang akan datang yang akan mengumumkan," ujar Puan saat dimintai tanggapan soal kedatangan Budi di Hambalang, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024). 

Puan juga enggan mengungkap apabila bakal ada kader PDIP yang akan bergabung ke kabinet Prabowo. Dia membantah kabar bahwa ada friksi di internal mengenai keputusan partai untuk bergabung ke pemerintahan presiden terpilih maupun di luar. 

"PDIP Solid. Kita solid mendukung pemerintahan yang akan datang dalam membangun Indonesia ke depan," tuturnya.

Untuk diketahui, Budi merupakan mantan Kepala BIN yang belum lama ini diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini, dia digantikan oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra yang hari ini baru saja mendapatkan persetujuan DPR usai fit and proper test.

Elite PDIP sebelumnya memberi sinyal bahwa mantan ajudan Megawati Soekarnoputri ketika menjabat wakil presiden dan presiden itu diusulkan bergabung ke kabinet Prabowo. Partai berlogo banteng moncong putih itu sebelumnya diketahui ingin mendukung pemerintahan Prabowo. 

Nama Budi diusulkan dengan dua nama lainnya dari PDIP, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas serta Bendahara Umum PDIP sekaligus Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

"Belum ada sinyal dari Ibu Ketua Umum. Tiga nama itu, baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Azwar Anas, baik bapak Olly Dondokabey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum," ungkap Ketua DPP PDIP Said Abdullah, Kamis (3/10/2024). 

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Budi telah hadir di kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Rabu (16/10/2024).

Seperti diketahui, Prabowo tengah melakukan pembekalan terhadap calon pejabat yang bakal masuk kabinet pemerintahan di kediamannya tersebut.

Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menhan, Letkol Inf Borlak menyampaikan kehadiran sejumlah tamu yang diundang ke Hambalang dimulai pada 06.00 WIB. Satu persatu tokoh hadir ke Hambalang, termasuk Budi Gunawan.

"Pak Budi Gunawan, terakhir," ujarnya di Hambalang, Rabu (16/10/2024).

Dia menambahkan, bahwa total ada 59 tamu yang telah diundang ke rumah Prabowo Subianto ini. Puluhan tamu itu nantinya akan mendapatkan materi pembekalan kabinet Prabowo-Gibran 2024-2029.

"Mulai dari jam 6 lewat sedikit, tamu pertama sekali yang datang pak yusril sudah masuk dan teman-teman yang lain masuk, yang sesuai data ada 58 [tamu]," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper