Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badai Helene Terjang Wilayah AS, Telan 33 Korban Jiwa

Badai Helene melanda sebagian wilayah Amerika Serikat yang mengakibatkan setidaknya 33 orang tewas.
Ilustrasi badai di AS./Reuters
Ilustrasi badai di AS./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Badai Helene melanda sebagian besar wilayah Tenggara Amerika Serikat yang mengakibatkan setidaknya 33 orang tewas. Badai tersebut memicu terjadinya banjir dan tanah longsor yang mengancam bendungan serta menyebabkan lebih dari 4 juta rumah dan tempat usaha tanpa aliran listrik.

Mengutip Reuters pada Sabtu (28/9/2024), di negara bagian Tennessee, kekhawatiran akan jebolnya bendungan di dekat kota Newport mendorong para pejabat memerintahkan evakuasi di kawasan pusat kota. Bendungan lain di negara bagian North Carolina Utara juga disebut berada di ambang kegagalan.

Sebelum bergerak ke utara melalui Georgia dan ke Tennessee dan Carolina, Helene menghantam wilayah Big Bend Florida sebagai badai Kategori 4 yang kuat pada Kamis waktu setempat dengan kecepatan angin 140 mph (225 kph). Bencana ini meninggalkan kekacauan berupa perahu-perahu terbalik di pelabuhan, pohon-pohon tumbang, mobil-mobil yang terendam, dan jalan-jalan yang terendam banjir.

Hingga Jumat sore waktu AS, badai tersebut telah diturunkan menjadi depresi tropis dengan kecepatan angin maksimum 35 mph (55 kph), kata Pusat Badai Nasional AS atau National Hurricane Center.

Namun, hujan lebat yang terjadi di Helene masih menimbulkan bencana banjir di banyak daerah, dan polisi dan petugas pemadam kebakaran melakukan ribuan penyelamatan air di seluruh negara bagian yang terkena dampak.

Gubernur Florida, Ron DeSantis membenarkan dua orang di Florida meninggal akibat bencana ini. Gubernur Georgia, Brian Kemp, menyebutkan sejauh ini ada 11 korban jiwa terkait badai di negara bagiannya.

Sementara itu, Gubernur North Carolina, Roy Cooper mengatakan ada dua korban tewas di sana. Surat kabar Post and Courier yang berbasis di Charleston melaporkan, mengutip pejabat setempat, setidaknya 13 orang tewas dalam badai yang terjadi di North Carolina.

Adapun, Badai Helene disebut sebagai berukuran sangat besar untuk kategori badai Teluk, kata para peramal cuaca, meskipun ukuran badai tidak sama dengan kekuatannya, yang didasarkan pada kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan.

Menurut National Hurricane Center, beberapa jam sebelum mendarat, angin badai tropis Helene meluas hingga 310 mil (500 km), Sebagai perbandingan, Idalia, badai besar lainnya yang melanda wilayah Big Bend Florida tahun lalu, mempunyai angin badai tropis yang meluas hingga 160 mil (260 km) sekitar delapan jam sebelum mencapai daratan.

Lebih dari 4,6 juta rumah dan tempat usaha mengalami pemadaman listrik pada tengah hari pada hari Jumat di Florida, Georgia, Carolina, dan negara bagian lainnya, menurut situs pelacakan Poweroutage.us. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper