Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Pembebasan Pilot Susi Air, Saling Klaim Pemerintah dan KKB

Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens akhirnya bebas setelah 1,5 tahun disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya.
Potret Pilot Susi Air Philip Mehrtens usai dibebaskan dari KKB kelompok Egianus Kogoya Sabtu (21/9/2024)/dok.Satgas Cartenz
Potret Pilot Susi Air Philip Mehrtens usai dibebaskan dari KKB kelompok Egianus Kogoya Sabtu (21/9/2024)/dok.Satgas Cartenz

Bisnis.com, JAKARTA - Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens akhirnya bebas setelah 1,5 tahun disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya.

Bebasnya Philip Mehrtens dari sandera itu disebut sebagai buah dari keberhasilan Satgas Cartenz yang telah mengedepankan negosiasi.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan dalam pembebasan ini pihaknya telah mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

Pada intinya, upaya itu dilakukan melalui pendekatan sejumlah tokoh agama, adat hingga keluarga dekat dari Egianus Kogoya.

"Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," ujar Faizal dalam siaran pers, Sabtu (21/9/2024).

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto mengklaim tidak ada imbalan dalam negosiasi Pilot Philip Mehrtens ke KKB Egianus Kogoya.

"Tidak ada, tidak ada yang mereka minta, kita hanya pendekatan secara persuasif," ujarnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024) malam.

Dia menjelaskan bahwa negosiasi pihaknya dengan KKB Egianus berlangsung cukup alot. Sebab, untuk memberikan keamanan pada sandera, tim Satgas Cartenz melakukan pendekatan soft approach.

Pendekatan itu melibatkan sejumlah pihak mulai dari tokoh agama, adat, gereja hingga keluarga Egianus dalam pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut.

"Bayangkan 1 tahun 7 bulan kita melakukan negosiasi dan alhamdulillah, kita di satgas dan dibantu oleh seluruh komponen bisa menyelesaikan seluruh tugas ini dengan baik," imbuhnya.

Klaim Pembebasan Philip Mehrtens oleh KKB

Namun, bebasnya Philip Mehrents tersebut disebut bukan hasil dari upaya para penegak hukum. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim bahwa Philip dibebaskan oleh KKB itu sendiri.

Narasi itu terungkap dalam unggahan akun X @WiyaiiE pada Senin (23/9/2024), nampak dalam video yang diunggah, Pilot Philip Mehrtens berjalan menuju helikopter yang tengah menunggu untuk lepas landas di wilayah Nduga.

Terlihat juga Philip memegangi ayam saat diantarkan sejumlah masyarakat menuju helikopter. Sesekali, pilot berkebangsaan Selandia Baru itu melambaikan tangan kepada masyarakat di lokasi.

Terkait hal ini, Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom mengklaim bahwa pihaknya lah yang membebaskan pilot Philip.

Dia menambahkan, bahwa kondisi pembebasan Pilot Philip Mehrtens berjalan dengan damai dan aman.

"Dalam hal ini kami perlu sampaikan kepada masyarakat International bahwa Pilot telah dibebaskan dengan cara TPNPB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Kendati demikian, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno menyatakan bahwa narasi itu merupakan propaganda dari kubu Sebby.

Pasalnya, Bayu menyebut Sebby Sambom memiliki propaganda sendiri dalam peristiwa pembebasan ini.

"[Sebby Sambom] itu tidak terkoneksi sama KKB di lapangan. Dia bikin propaganda sendiri," ujar Bayu saat dihubungi, Senin (23/9/2024).

Jokowi Apresiasi Pembebasan Philip Mehrtens

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan kabar bebasnya pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB Egianus Kogoya.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengapresiasi Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz (sebelumnya Operasi Nemangkawi) yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Mengingat butuh waktu 19—20 bulan sejak disandera pada Februari 2023 lalu untuk berhasil mewujudkan aksi pembebasan ini.

Hal ini disampaikannya usai menerima kehadiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melaporkan amanah baru sebagai Penasehat Khusus Aliansi Sedunia untuk membasmi malaria di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

“Ya, ini kan proses negosiasi yang sangat panjang dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif sehingga yang kita prioritaskan adalah keselamatan dari pilot yang disandera hingga proses panjang yang telah dilakukan TNI/Polri sudah sangat bagus, saya sangat mengapresiasi,” ujarnya kepada wartawan.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti turut mengapresiasi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto atas dibebaskannya Philip Mehrtens.

Hal tersebut disampaikan oleh Susi dalam akun X @susipudjiastuti pada Senin (23/9/2024). Menurut Susi, presiden terpilih RI yang akan segera dilantik itu telah ikut berkontribusi dalam pembebasan Pilot Susi Air Philip.

"Terima kasih Bapak Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto @prabowo atas semua bantuannya dalam pembebasan pilot kami Capt. Philip Mehrtens @Kemhan_RI @Gerindra," cuitnya di X.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper