Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Cak Imin Tunjuk Generasi Z jadi Ketua Harian PKB

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap alasan PKB memiliki Ketua Harian dan Wakil Ketua Harian dari kalangan Gen Z.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan susunan pengurus DPP-PKB di Gedung PKB, Jakarta, Rabu (18/9/2024). JIBI/Annisa Nurul Amara
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan susunan pengurus DPP-PKB di Gedung PKB, Jakarta, Rabu (18/9/2024). JIBI/Annisa Nurul Amara

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengumumkan susunan pengurus PKB periode 2024-2029 di Gedung DPP PKB, Jakarta Pusat hari ini (18/9/2024).

Salah satu hal menarik dari pengumumannya tersebut adalah PKB memiliki Ketua Harian dan Wakil Ketua Harian dari kalangan generasi Z atau Gen Z. 

“Di bawah Ketua Umum langsung melalui Wakil Ketua Umum ada yang namanya Ketua Harian, yang akan mengorganisir, mengelola, me-manage kepemimpinan sekaligus manajemen DPP-PKB,” tutur Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Rabu (18/9/2024). 

Fungsi ketua harian ini, lanjut dia, mengambil tanggung jawab pengorganisasian dan implementasi program mewakili Ketua Umum PKB sehari-hari.

Adapun, rentang usia dari jajaran Ketua dan Wakil Ketua Harian ini adalah 23 hingga 29 tahun. Ketua harian yang terpilih bernama Ais Shafiyah Asfar yang berusia 23 tahun. Jika mengacu pada usia, maka Ais masuk golongan anak muda atau Gen Z. 

Sementara itu, Wakil-Wakil Ketua Harian terdiri dari Najmi Mumtaza Rabbany (27 tahun), Riezal Ilham Pratama (26 tahun), Gielbran Muhammad Noor (23 tahun), Nadya Alfi Roihana (28 tahun), Muhammad Aji Pratama (24 tahun), dan Lukman Maulana (29 tahun).

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, menjelaskan pemilihan Gen Z tersebut dilakukan karena PKB membutuhkan suatu regenerasi, bukan karena dirinya memiliki kesibukan tertentu. 

“Tentu regenerasi itu mutlak dibutuhkan, sehingga bukan soal saya sibuk apa, soal saya mau bagaimana. Tapi memang spektrum pekerjaan PKB semakin luas, maka saya harus berbagi tugas dengan ketua harian dalam berbagai bidang,” jelas dia.

Sependapat dengan Cak Imin, Wakil Ketua PKB Jazilul Fawaid turut menyampaikan alasan adanya Ketua Harian dan Wakil Ketua Harian dari kalangan generasi z adalah karena PKB ingin lebih muda dengan gebrakan wajah-wajah baru.

“Gebrakan yang menyasar target anak muda yang sekarang dekat dengan digital, dunia digital, dunia teknologi, dan pergaulan anak muda, istilah-istilah anak muda. Itu kan harusnya punya partai. Kalau ada tempatnya, pasti anak-anak muda yang lain akan ikut bersama-sama supaya tidak antipati kepada partai,” katanya di tempat yang sama.

Nantinya, lanjut Jazilul, Ketua Harian akan bekerja secara harian untuk mengeksekusi dan menjalankan kebijakan dari anak-anak muda dan Dewan Syuro serta Dewan Tanfidz yang ada di PKB. 

“Dari awal di PKB membudayakan musyawarah, yang jelas keputusan yang diambil secara musyawarah nanti eksekusinya dilakukan oleh anak-anak muda,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper