Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhiri Perjalanan di Indonesia, Paus Fransiskus Bertolak ke Papua Nugini

Paus Fransiskus berangkat dari Soekarno Hatta pada menuju bertolak ke Papua Nugini pada Jumat (6/9/2024).
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024).  Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman
Paus Fransiskus tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024). Indonesia Papal Visit Committee/ Fakhri Fadlurrohman

Bisnis.com, JAKARTA — Paus Fransiskus resmi mengakhiri kunjungannya ke Indonesia dalam rangka Perjalanan Apostolik ke Asia–Pasifik hari ini, Jumat (6/9/2024).

Paus Fransiskus berangkat dari Bandara Internasional Soekarno–Hatta, Tangerang, Banten pada siang ini menuju bertolak ke Papua Nugini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga turut mengantarkan pemimpin tertinggi Gereja Katolik di dunia ini. Sebelum naik ke pesawat milik PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Paus Fransiskus sempat menyalami seluruh petugas bandara dan pengawal yang mengantarkan perjalanannya meninggalkan Indonesia.

Keberangkatan Paus meninggalkan Indonesia juga disambut oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra setibanya masuk di pesawat. Melalui keterangan resminya, Irfan menyebut perseroan mengoperasikan pesawat wide body jenis A330-900neo dengan nomor penerbangan GA-7780 yang mampu mengangkut hingga 301 penumpang.

Pesawat tersebut diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pada pukul 09.45 LT dan tiba di Jackson International Aiport, Port Moresby pada pukul 18.50 LT.

"Merupakan sebuah kehormatan tersendiri ketika kami dapat turut andil dalam salah satu momen penting bagi Indonesia, di mana Garuda Indonesia dipercaya penuh untuk mengantarkan perjalanan Paus Fransiskus ke destinasi kunjungan beliau selanjutnya, yaitu Papua Nugini, melalui penerbangan bersama Garuda Indonesia," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Sri Paus di Jakarta, Indonesia dimulai dari kedatangannya pada 3 September 2024. Dia tiba di Tanah Air bersama rombongan menggunakan pesawat komersial, kemudian bermalam di Kedutaan Besar Vatikan.

Pada 4 September, Paus melaksanakan sejumlah pertemuan di antaranya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan berbagai pejabat tinggi negara di Istana Kepresidenan. Puncak rangkaian kunjungan Paus dilaksanakan dengan kunjungan ke Masjid Istiqlal serta Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Kamis. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper