Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbandingan Harta Khofifah, Risma dan Luluk, Siapa Paling Tajir?

Khofifah menjadi bacagub yang memiliki harta paling tinggi sebesar Rp26,4 miliar dibandingkan dengan Risma dan Luluk.
Partai Golkar resmi mengusung Khofifah-Emil untuk maju ke Pilkada Jatim 2024 / Bisnis - Surya Dua Artha
Partai Golkar resmi mengusung Khofifah-Emil untuk maju ke Pilkada Jatim 2024 / Bisnis - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemilihan Gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim akan menghadirkan pertarungan antara 3 Srikandi,  Tri Rismaharini (Risma), Khofifah Indar Parawansa dan Luluk Nur Hamidah. 

Adapun Risma diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) dengan wakilnya Zahrul Azhar Asumta atau yang akrab disapa Gus Hans.

Sementara itu, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan, Khofifah dan wakilnya Emil Dardak diusung oleh gabungan partai politik, seperti Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PPP, Nasdem, hingga PKS.

Lantas, siapa yang memiliki harta paling besar antara ketiga bacagub Jatim ini?

Khofifah Paling Tajir

Berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara atau LHKPN yang dilaporkan ketiyanya pada 2023. Khofifah menjadi bacagub yang memiliki harta paling tinggi sebesar Rp26,4 miliar dibandingkan dengan Risma dan Luluk.

Harta Khofifah didominasi oleh aset tanah dan bangunan sebesar Rp23,9 miliar. Aset ini tersebar di Makassar, Palu, Donggala, Gowa hingga Jakarta Selatan.

Aset lainnya termuat pada transportasi sebesar Rp872 juta dengan perincian mulai dari Toyota Innova (2006) Rp135 juta; Alphard (2018) Rp700 juta; dan motor Honda (2022) Rp37 juta. 

Sementara, aset lainnya tersebar di harta bergerak Rp602 juta Kas dan Setara Kas Rp3,9 miliar. Khofifah tercatat memiliki utang sebesar Rp2,9 miliar.

Kekayaan Risma Nomor 2 

Di urutan dua, ada Tri Rismaharini yang memiliki harta sebesar Rp17,4 miliar. Sama dengan Khofifah, mayoritas harta Risma juga berada pada aset tanah dan bangunan sebesar Rp15,2 miliar. Seluruh aset tanah dan bangunan Risma berada di Surabaya.

Selanjutnya, untuk membantu mobilitasnya, Risma memiliki alat transportasi dan mesin sebesar Rp1,4 miliar. Perinciannya, Pajero (2017) Rp400 juta; Sepeda Brompton Rp20 juta; Fortuner Rp485 juta (2021); dan Pajero (2022) Rp585 juta.

Risma juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp160 juta, kas dan setara kas Rp1,1 miliar. Risma juga memiliki utang Rp599 juta.

Harta Luluk

Di posisi paling buncit, Luluk dalam laporan LHKPN memiliki harta Rp6,1 miliar. Aset dan bangunan sebesar Rp3,9 miliar dengan lokasi di Surakarta, Sragen, Karanganyar, Boyolali hingga Semarang.

Bacagub jagoan PKB ini hanya memiliki satu mobil untuk menemani perjalanannya, yakni Honda CRV Rp465 juta. Harta bergerak lainnya Rp1,1 miliar dan harta kas atau setara kas Rp911 juta. Luluk juga memiliki utang sebesar Rp300 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper