Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Tak Dukung Airin di Pilkada Banten 2024, PDIP Bilang Begini

PDIP resmi mengusung kader Partai Golkar, Airin Rachmi Diany untuk maju sebagai calon Gubernur Banten di Pilkada 2024.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024, Minggu (25/8) - Bisnis/Rizqi Rajendra.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024, Minggu (25/8) - Bisnis/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung kader Partai Golkar, Airin Rachmi Diany untuk maju sebagai calon Gubernur Banten, didampingi Ade Sumardi sebagai calon Wakil Gubernur Banten di Pilkada 2024.

Kendati demikian, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar justru menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten 2024, dan mengikuti kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Alhasil, PDIP hanya mengusung Airin-Ade sendirian tanpa Golkar.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Ahmad Basarah, mengatakan, pihaknya tidak meninggalkan dukungan terhadap Airin. Pada saat yang sama, PDIP juga membuka peluang bagi Airin jika ingin bergabung ke PDIP.

"Kami tidak pernah meminta Ibu Airin untuk masuk bergabung dengan PDIP. Walaupun demikian, pintu selalu terbuka," kata Basarah dalam orasinya di Acara Deklarasi Airin-Ade di ICE BSD Tangerang, Minggu (25/8/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, Airin maju menjadi kandidat calon Gubernur Banten atas keputusan pribadi dan hati nuraninya sendiri. Adapun, Basarah menyebut acara deklarasi Airin-Ade Sumardi sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Namun, konstelasi politik membuat acara deklarasi ini sempat tertunda beberapa kali.

Di sisi lain, Airin menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena telah mendeklarasikan dukungan untuknya maju sebagai calon Gubernur Banten.

"Saya ucapkan terima kasih pada keluarga besar PDIP yang masih mempercayai saya, memberikan dukungan untuk mengikuti konstestasi Pilkada Banten pada 27 November 2024," ujar Airin.

Airin juga turut meminta dukungan kepada masyarakat agar proses pencalonan dirinya dan Ade Sumardi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten berjalan lancar hingga pelantikan.

"Terima kasih juga warga Tangerang Selatan telah memberikan kepercayaan pada saya menjadi Walikota selama 10 tahun, mudah-mudahan ini menjadi modal saya maju sebagai calon Gubernur Banten," pungkas Airin.

Adapun, sebelumnya Airin menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan setelah dua periode menjabat yaitu pada 2011-2016 dan 2016-2021.

Golkar Tarik Rekomendasi

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany di Pemilihan Gubernur Banten 2024, dan mengikuti kesepakatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM).  

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengonfirmasi bahwa DPP Golkar menarik dukungan untuk Airin Rachmy Diani di Pilkada Banten.

Dia mengatakan, pihaknya dan Airin telah melakukan pertemuan antara Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia, dan beberapa petinggi partai Golkar lainnya.

"Saya malam kemarin dengan Bu Airin ke Ketum Bahlil, ada Pak Sekjen dan disampaikan bahwa rekomendasi, dengan berat hati, dan mohon maaf enggak bisa diberikan ke Bu Airin, SK belum diterima dengan pernyataan itu. Kami selaku kader harus memahami dan Ketum sampaikan ini buat keselamatan Partai Golkar," ujar Ratu Tatu kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang pada Minggu (25/8/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper