Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perketat Pengawasan Obat dan Makanan, Jokowi Lantik Taruna Ikrar Jadi Kepala BPOM

Taruna Ikrar di BPOM diharapkan bisa memperketat pengawasan obat dan makanan guna mencegah peningkatan kasus gagal ginjal di Indonesia.
Presiden Jokowi mengangkat Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)/ Dok BPOM RI
Presiden Jokowi mengangkat Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)/ Dok BPOM RI

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik ahli farmasi Taruna Ikrar menjadi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Senin (19/8/2024). 

Taruna diketahui merupakan ahli farmasi dan pernah menjadi Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Kehadiran Taruna diharapkan bisa memperketat pengawasan obat dan makanan dan mencegah kasus gagal ginjal yang sempat marak di Indonesia.

"Memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Mengangkat Saudara Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan," demikian bunyi Keppres yang dibacakan di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah pembacaan Keppres itu, Presiden Jokowi langsung melantik Hasan dan memimpin pembacaan sumpah jabatan. Pembacaan sumpah jabatan itu dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat tinggi negara lainnya. 

Taruna juga dilantik bersamaan dengan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana serta Kepala Kantor Komunikasi Presiden Hasan Nasbi. Mereka membacakan sumpah untuk setia kepada Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945 serta menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar ketiga pejabat tersebut mengikuti teks yang dibacakan presiden.

Kabar mengenai perombakan kabinet Presiden Jokowi jelang selesai masa jabatannya di 20 Oktober itu telah dikonfirmasi oleh pihak Istana Kepresidenan. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa pada pukul 09.30 WIB, orang nomor satu di Indonesia itu diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara.

Dia melanjutkan Menteri dan Kepala Badan yg akan dilantik Presiden adalah Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

“Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” kata Ari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper