Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Fakta Menarik Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka

Upacara perdana pengibaran bendera merah putih di Ibu Kota Nusantara dilaksanakan paralel dengan di Istana Merdeka Jakarta.
Komandan upacara Kolonel Inf. Nur Wahyudi memimpin jalannya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Komandan upacara Kolonel Inf. Nur Wahyudi memimpin jalannya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejarah ibu kota baru Indonesia, Nusantara, telah dituliskan dengan penyelenggaraan upacara pengibaran bendera merah putih pertama pada hari ini, Sabtu (17/8/2024).

Momen ini merupakan penanda awal perpindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke IKN Nusantara. Proses pemindahan ini secara resmi akan ditandai dengan penetapan peraturan presiden (Perpres) yang dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

Tak hanya tempat pelaksanaan yang baru, dalam penyelenggaraan kali ini juga terdapat sejumlah tahapan baru seperti inspektur upacara berjalan ke Sang Saka Merah Putih untuk diserahkan ke pembawa baki hingga iring-iringan suara meriam tidak lagi dai arah Monas.

Bisnis merangkum sejumlah momen unik dalam penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI kali ini:

1. Tim Paskibraka Kembali Berjilbab Hingga Melibatkan Penyelenggara 2023

Tim Paskibraka 2024 telah sukses menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk pertama kalinya. Dalam peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang jatuh hari ini, sebanyak 78 putra-putri dari seluruh Indonesia tergabung dalam tim ini. Perinciannya, setiap provinsi mengirimkan satu pasang perwakilan.

Setelah sempat penuh kontroversi karena peserta yang berjilbab tidak lagi menggunakan penutup kepalanya itu saat pengukuhan, dalam upacara pengibaran telah kembali menggunakan. 

Nuasansa Kalimantan juga tergambar jelas dalam perayaan resmi di Kota Nusantara. Levenia Evelyn Kurniawan yang berasal dari Kalimantan Timur menjadi pembawa baki dalam upacara penaikan. Sementara itu pembawa baki saat penurunan nanti sore direncanakan Ni Komang Tri Setia dari Bali.


2. Butuh 25 Langkah Komandan Upacara Kolonel Inf Nur Wahyudi ke Presiden untuk Melapor

Dalam upacara bendera pertama di IKN Nusantara, Kolonel Inf. Nur Wahyudi, terpilih sebagai komandan upacara. Nur merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 2001. Saat ini Nur menjabat sebagai Komandan Satuan atau Dansat 81 Kopassus.

Komandan upacara ini terlihat perlu maju 25 langkah untuk melapor ke inspektur upacara ataupun kembali ke posisi semula untuk menjalankan upacara. 

Penyelenggara upacara di HUT Ke-79 RI di IKN sendiri terdiri dari Presiden Joko Widodo sebagai inspektur, ketua DPR sebagai pembaca teks proklamasi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembaca doa serta sejumlah instrumen lainnya.

3. Diselenggarakan Serentak dari 2 Istana

Penyelenggaraan peringatan HUT Ke-79 RI diselenggarakan di dua istana yakni Istana Nusantara di IKN dan Istana Merdeka Jakarta.

Meski dilakukan dari istana, penyelenggaraan dilakukan paralel. Artinya hanya ada satu upacara pengibaran bendera yakni dari IKN Nusantara Peserta di Jakarta mengikuti arahan dari IKN dengan kompak.

Rangkaian di IKN sendiri telah dimulai dengan upacara dan apel kehormatan di Taman Kusuma Bangsa jelang pergantian hari. Setelah serangkaian agenda, upacara di IKN Nusantara dimulai pukul 11.00 WITA atau pukul 10.00 WIB.

4. TNI AU tampilkan Defile F-16

Dalam perayaan di IKN untuk pertamakalinya ini, angkatan udara menampilkan parade pesawat tempur yang seperti menembakkan peluru di langit IKN. Aksi Garuda Flight ini sedikit berbeda karena hanya menampilan pesawat F-16.

Selain parade udara, dari layar juga sebelumnya telah ditampilkan beragam perayaan dari pelosok negeri termasuk dari dasar laut oleh Angkatan Laut.

5. Baju yang digunakan Jokowi dan Istri

Dalam perayaan kali ini, Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana Joko Widodo kompak menggunakan pakaian kebesaran Kalimantan Timur, Kustin. Arti Kustin sendiri adalah kebesaran, dan merupakan kasta tertinggi di Kutai Negara.

"Kerajaan Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia, sekaligus cikal bakal Nusantara Indonesia," ujar pembawa acara menjelaskan baju adat Jokowi.

Penggunaan baju adat menjadi salah satu kekhususan dalam era Presiden Joko Widodo. Terlihat presiden ke-7 itu telah memperbaharui nuasan upacara RI setelah sebelumnya kaku.


6. Hadiah Sepeda bagi Pemakai Busana Terbaik

Presiden Joko Widodo memberi 7 peserta upacara HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara hadiah sepeda. Pemberian hadiah ini karena dinilai sebagai peserta dengan pakaian paling khas dan dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tujuh peserta paling menarik dalam berbusana itu adalah Berikut ini nama-nama pemenangan busana adat terbaik HUT ke-79 RI. Dona Candra Ginting, Muaiffah Yuliana, Abi Manyuarliandito, Lilis Suryani, Edi Sofyan, drg. Uswatun dan Istri La Nyalla Mattalitti


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper