Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

81 Hari Jelang Lengser, Reshuffle Menteri Jokowi Belum Berakhir?

81 hari jelang lengser dari kekuasaannya, Presiden Jokowi dikabarkan masih akan mereshuffle kabinet kerjanya dengan mengganti Menteri ESDM.
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024)./ Bisnis-Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024)./ Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Terhitung tinggal 81 hari menuju 20 Oktober 2024 yang menjadi tanda Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan tongkat kekuasaannya ke Prabowo Subianto, presiden terpilih selanjutnya. Reshuffle kabinet pemerintahnya dikabarkan masih akan terjadi.

Namun, menjelang detik-detik akhir masa kekuasaannya itu, Jokowi masih terus mengutak-atik jajaran kepanjangan tangannya di kementerian.

Kabar reshuffle kabinet kembali terhembus. Kali ini, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dapat giliran. Arifin Tasrif dikabarkan bakal digantikan Bahlil Lahadalia yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pergeseran juga dikabarkan bakal terjadi dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani disebut bakal didapuk untuk jabatan itu.

Kendati demikian, kabar tentang Presiden Jokowi berencana untuk kembali mengocok ulang atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat ditepis oleh Istana Kepresidenan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menegaskan bahwa beragam isu yang beredar di media sosial terkait dengan akan terjadi reshuffle kabinet di Ibu Kota Nusantara (IKN) hari ini, Selasa (30/7/2024) adalah tidak benar.

"Tidak betul. Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet. Tidak ada agenda pelantikan menteri baru di IKN seperti isu-isu yang beredar," katanya kepada wartawan melalui pesan teks, Selasa (30/7/2024).

Di lain pihak, Menteri ESDM Arifin Tasrif, tidak secara gamblang membantah atau pun membenarkan kabar reshuffle tersebut.

"Ya Tunggu saja," kata Arifin di Kementerian ESDM, Selasa (30/7/2024).

Lebih lanjut, ketika kembali ditanya terkait kabar tersebut, Arifin malah menjawab dengan candaan sambil mendoakan kesehatan para awak media.

“Ya kalau benar kenapa [sambil ketawa kecil]. Pokoknya kalian sehat-sehat aja,” ujarnya.

Sementara itu, Bahlil turut menanggapi isu terkait dirinya yang digadang-gadang bakal menjadi Menteri ESDM.

Dia mengatakan, saat ini dirinya hanya berfokus dan bekerja di kementerian yang dirinya pimpin yaitu Kementerian Investasi/BKPM.

“Saya hari ini kerja di Kementerian Investasi kan,” kata Bahlil kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Bahlil pun tidak menjawab perihal isu Rosan Roeslani yang dikabarkan menggantikan dirinya menjadi Menteri Investasi jika dirinya menjadi Menteri ESDM.

“Saya gak tau, saya lagi ada rapat soalnya ya,” ucapnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengaku tidak mengetahui rencana terkait dengan rencana reshuffle kabinet Presiden Jokowi.

Airlangga pada awalnya mengatakan bahwa tidak ada reshuffle di Kabinet Indonesia Maju esok hari. Kemudian, dirinya meralat bahwa dirinya tidak mengetahui adanya agenda tersebut.

“Tidak ada, tidak tahu,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (30/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper