Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airbus Tawarkan Pesawat Tanker ke TNI AU, Ini Keunggulannya

Airbus memasarkan pesawat pengisian bahan bakar di udara atau tanker jenis A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) ke Indonesia.
Airbus A330 MRTT./ Dok. Airbus
Airbus A330 MRTT./ Dok. Airbus

Bisnis.com, JAKARTA - Airbus, memasarkan pesawat pengisian bahan bakar di udara atau tanker jenis A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) ke Indonesia. Kehadiran pesawat ini diyakini dapat meningkatkan kekuatan udara TNI AU.

Airbus Chief Representative Indonesia, Dani Adriananta menuturkan, A330 MRTT merupakan pesawat pengisian bahan bakar di udara atau tanker yang didasarkan pada pesawat sipil Airbus A330. Pesawat ini dapat meningkatkan kekuatan udara dan efektivitas armada pesawat tempur TNI AU.

"Pesawat tanker seperti A330 MRTT ini punya dampak jelas dalam misi penangkalan, yang memungkinkan patroli udara atau combat air patrol setiap saat atau 24/7 dengan penggunaan pesawat yang lebih efisien," jelas Dani dalam Konferensi Pers, Kamis (25/7/2024).

Dani menjelaskan, A330 MRTT memiliki kapasitas penampung bahan bakar terbesar saat ini di kelasnya. Pesawat tersebut dapat mengangkut hingga 111 ton bahan bakar.

Dalam misi berdurasi empat jam, Airbus A330 MRTT dapat menyalurkan 50.000 kg bahan bakar ke berbagai pesawat penerima pada jarak lebih dari 1.000 nautical mile (nm) dari titik lepas landasnya. Dani mengatakan, kemampuan ini memberikan dampak strategis dan keunggulan teknologi untuk misi lain dengan durasi lebih panjang dan jarak operasional lebih jauh.

Selain itu, A330 MRTT dapat mendukung beragam misi pengangkutan udara strategis, termasuk pengesahan pasukan dan peralatan dengan cepat. Pesawat Ini disebut dapat menampung hingga 300 penumpang atau 45.000 kg kargo.

Jika diperlukan, pesawat ini juga dapat dikonfigurasi untuk misi evakuasi medis. Dani menuturkan, kabin pada A330 MRTT dapat mengakomodasi hingga 130 tandu dan menyediakan fasilitas perawatan medis penting.

"A330 MRTT dirancang untuk terintegrasi dengan armada militer yang ada, kompatibel dengan berbagai pesawat penerima dan sistem pendukung. Sehingga meningkatkan fleksibilitas operasional angkatan udara," jelas Dani.

Adapun, pada 2022, A330 MRTT menjadi pesawat tanker pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi untuk operasi pengisian bahan bakar dari udara ke udara secara otomatis atau Automatic Air-To-Air Refuelling (A3R).

Dani memaparkan, sistem ini disertifikasi oleh Spanish National Institute for Aerospace Technology (INTA) dan mampu mengurangi beban kerja operator, meningkatkan keselamatan, serta mengoptimalkan efisiensi pengisian bahan bakar di udara.

A3R merupakan bagian dari pengembangan SMART MRTT oleh Airbus yang juga tengah mengembangkan teknologi masa depan yakni pengisian bahan bakar udara otonom atau Autonomous Air-to-Air Refueling (A4R). Teknologi A4R dapat lebih jauh lagi meningkatkan efisiensi pengisian bahan bakar di udara.

Dia menambahkan, sebanyak 82 pesawat A330 MRTT telah dipesan oleh Australia, Kanada, Prancis, negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Armada pesawat ini telah mencatat lebih dari 300.000 jam terbang untuk mendukung misi militer dan kemanusiaan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper