Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag: 7.846 Jemaah Haji Pulang ke Indonesia dalam 20 Kloter Hari Ini

Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan 7.846 orang jemaah haji diberangkatkan pulang ke Tanah Air pada Selasa (25/6/2024).
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan 7.846 orang jemaah haji diberangkatkan pulang ke Tanah Air pada Selasa (25/6/2024). 

Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda mengatakan bahwa jemaah haji yang pulang ke Indonesia hari ini, dalam 20 kelompok terbang (kloter). 

Dia mengatakan bahwa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengimbau jemaah haji yang akan kembali ke Tanah Air agar mempersiapkan diri dengan baik. 

“Menjaga kondisi kesehatan tubuh, dengan makan yang teratur, menjaga asupan nutrisi dan istirahat yang cukup. Membatasi ibadah sunah yang akan mengurasi energi dan tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum yang cukup,” ucapnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, pada Selasa (25/6/2024). 

Dia merinci yang pulang ke Tanah Air di antaranya adalah Debarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 jemaah dalam 4 kloter; Debarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah dalam 1 kloter; dan Debarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 jemaah dan 1 kloter. 

Lalu, Debarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah dalam 1 kloter; Debarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 jemaah dalam 2 kloter; dan Debarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.113 jemaah dalam 3 kloter. 

Selanjutnya, Debarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 jemaah dalam 1 kloter; Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 833 jemaah dalam 2 kloter; dan Debarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah dalam 1 kloter. 

Kemudian, Debarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 jemaah dalam 1 kloter; Debarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah dalam 1 kloter; Debarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 jemaah dalam 1 kloter; dan Debarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 jemaah dalam 1 kloter.

Seperti diketahui, operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M memasuki tahap pemulangan jemaah haji. 

Secara bertahap jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang I, pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, sejak 22 Juni dan proses ini akan berlangsung hingga 3 Juli 2024. 

Sementara itu, untuk jemaah haji yang berangkat pada gelombang II akan mulai pulang ke Tanah Air pada 4 Juli 2024 dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Kemudian, untuk jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) terakhir akan pulang ke Tanah Air pada 21 Juli 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper