Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Akrab Putin dan Kim Jong-Un Jalan-Jalan Naik Mobil Limosin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un jalan-jalan naik Aurus Limosin.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un naik mobil Aurus Limosin./ Dok. Istimewa
Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un naik mobil Aurus Limosin./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengajak Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengitari jalan yang berada di Korea Utara ini menggunakan Aurus Limosin yang merupakan mobil buatan Rusia.

Adapun, mobil tersebut dihadiahkan oleh Putin kepada Kim Jong Un saat berkunjung ke Pyongyang, Korea Utara.

Melansir dari Reuters, berdasarkan vidio yang dirilis oleh TV pemerintah Rusia Putin tampak terlihat duduk dibelakang kemudi mobil Aurus yang merupakan mobil resmi kepresidenannya di Rusia, dan Kim duduk di kursi penumpang disebelah Putin.

“Mobil tersebut kemudian ditampilkan mengemudi di jalan yang melewati area taman yang terawat rapi sebelum berhenti. Seorang pria Korea berjas dan mengenakan sarung tangan putih terlihat membukakan pintu untuk Kim sebelum bergegas untuk menahan pintu Putin,” mengutip dari Reuters, Jumat (21/6/2024).

Putin dan Kim kemudian diperlihatkan berjalan berdampingan dan mengobrol di jalan setapak kawasan hutan dengan didampingi dua pria yang berjalan di belakang mereka.

Adapun, Putin telah menghadiahkan kepada Kim sebuah limusin Aurus buatan Rusia sebagai hadiah pada bulan Februari tahun ini.

Saat ini, Putin kembali memberikan mobil buatan Rusia tersebut kepada Korea Utara, yang berarti Kim Jong-Un memiliki setidaknya dua kendaraan tersebut.

Perlu diketahui Aurus merupakan mobil bergaya retro seperti limusin ZIL era Soviet. Aurus merupakan mobil resmi kepresidenan Rusia dan Putin mengendarainya di upacara pelantikan  terbarunya pada bulan Mei.

Aurus Motors mulai membuat mobilnya di wilayah Tatarstan Rusia, sekitar 1.000 kilometer atau 620 mil dari Moskow pada 2021.

Seorang pejabat senior Rusia mengatakan bulan lalu bahwa Rusia akan mulai membuat mobil Aurus di bekas pabrik Toyota di St. Petersburg tahun ini.

Rusia sedang mencari cara untuk memanfaatkan pabrik mobil yang menganggur setelah beberapa produsen mobil global menarik diri dari pasar Rusia menyusul keputusan Putin untuk mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022.

Sanksi Barat yang diberlakukan terhadap Rusia sejak itu naiknya harga mobil baru secara signifikan dan membuat pabrikan Tiongkok memperluas pangsa pasar mereka karena beberapa produsen mobil Rusia mengalami kesulitan di pasar massal.

Menurut lembaga analisis Rusia Autostat, sekitar 40 mobil bermerek Aurus telah terjual di Rusia sepanjang tahun ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukman Nur Hakim
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper