Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapan Hari Tasyrik Iduladha? Ini Jadwal, Larangan, dan Amalannya

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak takbir pada hari-hari tasyrik.
Umat muslim dapat melakukan penyembelihan hewan kurban tidak hanya saat Hari Raya Iduladha saja. Namun, bisa pada hari tasyrik mulai dari tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah./Freepik
Umat muslim dapat melakukan penyembelihan hewan kurban tidak hanya saat Hari Raya Iduladha saja. Namun, bisa pada hari tasyrik mulai dari tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Iduladha tinggal menghitung hari saja. Sebagai umat muslim, wajib mengetahui beberapa hari tasyrik selama perayaan ini, agar tidak melakukan larangan yang diberlakukan.

Dilansir dari laman resmi NU, hari tasyrik terjadi pada bulan Dzulhijjah yaitu tepatnya 3 hari setelah Hari Raya Iduladha. Pada hari tersebut, umat islam dapat menyembelih hewan kurban dan para jamaah haji akan melakukan ritual haji berupa lempar jumrah.

Ibu Hajar Al-Asqalani mengatakan, hari tasyrik dinamakan demikian karena pada hari itu orang dapat menjemur daging untuk dijadikan makanan seperti dendeng.

Namun, lain pendapat mengatakan hari ini digunakan untuk menyembelih kurban setelah matahari terbit. Karena, kata tasyrik dalam bahasa merujuk pada kata tasyriq yang artinya penghadapan ke arah timur atau arah sinar matahari. 

Jadwal Hari Tasyrik 2024

Sayyid Bakri menyebutkan, hari tasyrik merujuk pada tiga hari setelah 10 Dzulhijjah yaitu pada tanggal 11 - 13 Dzulhijjah. 

قوله (في أيام التشريق) وهي ثلاثة أيام بعد يوم النحر ويحرم صومه

Artinya, “Redaksi (pada hari tasyrik), yaitu tiga hari (11, 12, 13 Dzulhijjah) setelah hari nahar (10 Dzulhijjah),” (Sayyid Bakri, Hasyiyah I‘anatut Thalibin, [Daru Ihyail Kutubil Arabiyah/Isa Al-Babi Al-Halabi: tanpa tahun], II/273). 

1. 11 Dzulhijjah 1445 H: Selasa, 18 Juni 2024

2. 12 Dzulhijjah 1445 H: Rabu, 19 Juni 2024

3. 13 Dzulhijjah 1445 H: Kamis, 20 Juni 2024

Larangan Hari Tasyrik

Dalam riwayat Abu Dawud dan Muslim seperti dikutip Syekh Abu Zakariya Al-Anshari dalam Kitab Asnal Mathalib menjelaskan, umat muslim dilarang melakukan ibadah puasa pada hari-hari tasyrik. Karena, hari tersebut dianjurkan untuk makan, minum, dan berzikir kepada Allah.

قوله (وَكَذَا أَيَّامُ التَّشْرِيقِ) وَهِيَ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ بَعْدَ يَوْمِ الْأَضْحَى لِلنَّهْيِ عَنْ صِيَامِهَا فِي خَبَرِ أَبِي دَاوُد بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ وَفِي خَبَرِ مُسْلِمٍ أَنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ 

Artinya, “(Demikian juga hari tasyrik), yaitu tiga hari setelah Idhuladha karena larangan puasa pada hadits riwayat Abu Dawud dengan sanad sahih dan pada hadits riwayat Muslim, ‘Bahwa itu semua adalah hari makan, minum, dan zikir kepada Allah swt,’” (Syekh Zakariya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz V, halaman 314).

Melansir mui.or.id, adapun pandangan serupa dalam hadits riwayat Bukhari dan An-Nasa’i yang menyebutkan Rasulullah pernah mengatakan, umat muslim tidak diperkenankan berpuasa kecuali yang tidak memperoleh hewan kurban. 

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا لَمْ يُرَخَّصْ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ أَنْ يُصَمْنَ إِلَّا لِمَنْ لَمْ يَجِدْ الْهَدْيَ

Artinya, “Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma, keduanya berkata: “Tidak diperkenankan untuk berpuasa pada hari tasyrik kecuali bagi siapa yang tidak mendapatkan hewan qurban ketika menunaikan haji.” (HR. Bukhari, no. 1859).

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ يَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَأَيَّامَ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَهِيَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Artinya, “Dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Hari Arafah, hari Iduladha, dan hari Tasyrik adalah hari raya kita pemeluk agama Islam, serta merupakan hari-hari untuk makan dan minum.” (HR. An-Nasa’i, no. 2954).

Amalan Hari Tasyrik Iduladha

Menurut para ulama terdapat 3 amalan yang dianjurkan untuk dijalani selama hari tasyrik. Mulai dari menyembelih hewan kurban, mengumandangkan takbir, dan memperbanyak tahlil serta tahmid.

1. Menyembelih hewan kurban

Umat muslim dapat melakukan penyembelihan hewan kurban tidak hanya saat Hari Raya Iduladha saja. Namun, bisa pada hari tasyrik mulai dari tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah. Hal ini tertera dalam hadits Jubair bin Muth’im RA.

Rasulullah SAW bersabda

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ كُلُّهَا ذَبْحٌ 

Artinya, "Disetiap hari tasyrik adalah penyembelihan," (HR Ahmad). 

2. Memperbanyak takbir

Umat islam dianjurkan untuk memperbanyak takbir pada hari-hari tasyrik. Hal ini terdapat dalam firman Allah dalam surat Al-Baqarah dan sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari. 

Allah swt berfirman, “Dan berzikirlah dengan menyebut nama Allah pada hari yang berbilang,” (QS. Al baqarah: 203).

“Hari 10 dan hari-hari tertentu adalah Hari Tasyrik.’ Sahabat Ibnu Umar dan Abu Hurairah ra. keluar ke pasar pada hari 10 sambil bertakbir. Orang-orang pun ikut bertakbir karena takbir keduanya. Muhammad bin Ali juga bertakbir setelah salat sunnah,” (HR Bukhari).

3. Memperbanyak tahlil dan tahmid

Ibnu Hajar Al-Asqalani menyebutkan, dalam kutipan riwayat hadits menganjurkan umat muslim untuk membaca kalimat tahlil, tahmid, dan takbir pada hari tasyrik bulan Dzulhijjah. 

وقد وقع في رواية بن عمر من الزيادة في آخره فَأَكْثِرُوْا فِيْهِنَّ مِنَ التَّهْلِيْلِوَالتَّحْمِيْدِ وَالتَّكْبِيْرِ

Artinya, “Pada riwayat Ibnu Umar ada tambahan kalimat di akhir, Perbanyaklah tahlil, tahmid, dan takbir pada Hari Tasyrik,” (Al-Asqalani, 2004 M/1424 H: II/529).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper