Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Parpol Calon Pendukung Anies, Khofifah, dan Bobby di Pilkada 2024

Kendati belum final, sejumlah partai politik mulai menunjukkan gestur untuk mengusung Anies, Khofifah dan Bobby pada Pilkada 2024 nanti.
Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan pelaporannya ke KPK sama seperti 6 tahun silam saat akan maju pada Pilkada Jatim 2018/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan pelaporannya ke KPK sama seperti 6 tahun silam saat akan maju pada Pilkada Jatim 2018/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Partai politik mulai sibuk lakukan lobi hingga deklarasi calon usungannya mengingat waktu pendaftaran calon kepala daerah yang semakin cepat. Tiga provinsi yang mendapat banyak sorotan yaitu Jakarta, Jawa Timur (Jatim), dan Sumatra Utara (Sumut).

Pilkada Jakarta memang selalu menarik perhatian, sebab tensinya kerap menyerupai pemilihan presiden. Apalagi, di samping nama Anies Baswedan, kini putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kaesang Pangarep digadang-gadang akan maju di Pilkada Jakarta 2024.

Sementara di Jatim, dua partai politik besar lainnya yakni PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum ambil sikap sedangkan partai-partai yang lebih kecil sudah satu suara dukung gubernur dan wakil gubernur petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Di Sumut, menantu Jokowi juga tampaknya akan maju yaitu Bobby Nasution. Sementara itu, gubernur dan wakil gubernur petahana yaitu Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah alias Ijeck juga siap melawan wali kota Medan itu.

Lalu, siapa saja partai politik yang sudah kasih kode atau bahkan resmi mengusung ketiganya?

Anies

Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat kuat bakal calon gubernur Jakarta 2024. Bukan tanpa alasan, Anies merupakan gubernur DKI Jakarta petahana, periode 2017-2022.

Saat ini, belum ada partai politik yang resmi usung Anies. Meski demikian, sejumlah partai politik seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, hingga PDI Perjuangan (PDIP) sudah mengakui bahwa Anies masuk kandidat calon gubernur usungannya.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda menjelaskan, pihak sudah membicarakan nama-nama kandidat yang dirasa layak untuk diusung menjadi bacagub DKI Jakarta 2024. Salah satu nama yang kerap muncul yaitu Anies.

"Dari hasil diskusi, obrolan, dari teman-teman kanan kiri, Mas Anies. Kira-kira kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," jelas Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menerima usulan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur atau bacagub dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Kendati demikian, Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri menjelaskan usulan DPTW Jakarta itu masih harus dibahas di tingkat pusat sebelum akhirnya ada keputusan akhir ihwal sosok bakal cagub yang akan diusung PKS dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

"Iya betul DPTW Jakarta sudah memutuskan untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai Bacagub ke DPP. Selanjutnya ada mekanisme di internal. Jadi, kita tunggu keputusan DPP," jelas Mabruri dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2024).

Sedangkan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya pernah menyatakan Anies merupakan "top priority" kandidat bakal calon gubernur Jakarta 2024.

Sedangkan yang menarik perhatian merupakan PDIP. Meski pada 2017 merupakan lawan Anies di Pilkada DKI Jakarta, namun kini sejumlah Elita PDIP seperti Sekjen Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan pihaknya membuka peluang usung mantan menteri pendidikan dan kebudayaan tersebut.

Pendukung Khofifah 

Sementara itu, Khofifah sudah mengantongi tiket dukungan setidaknya dari enam partai politik untuk maju dalam ajang Pilkada Jatim 2024. Bahkan, keenam partai politik tersebut mengusung Khofifah sepaket dengan wakilnya yaitu politisi partai Demokrat Emil Dardak.

Deklarasi pertama diumumkan oleh Partai Demokrat pada medio Desember 2023. Lalu, Partai Golkar ikut resmi mengusung pasangan Khofifah-Emil pada medio Mei 2024.

Awal Juni lalu, PAN juga resmi usung pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024. Gerindra juga tak mau ketinggalan, ketua umum Prabowo Subianto mendeklarasikan usung Khofifah-Emil pada Jumat (7/6/2024) lalu.

Selain itu, Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga sudah deklarasi dukungan ke Khofifah-Emil.

Bobby Menantu Jokowi

Notabenenya, belum ada partai politik yang resmi deklarasi Bobby dalam ajang Pilkada Sumut 2024. Meski demikian, Bobby sudah keliling mendaftar ke sejumlah partai politik agar didukung maju Pilkada Sumut 2024.

Bobby sudah mendaftar ke PKB, PAN, Demokrat, hingga Nasdem sepanjang bulan lalu. Dia juga sudah mendapatkan surat penugasan oleh Partai Golkar.

Bahkan, Bobby resmi bergabung ke Gerindra untuk muluskan jalan maju sebagai calon gubernur Sumut 2024 pada 21 Mei lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper