Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arahan Megawati Soal Posisi PDIP di Pemerintah Prabowo

Megawati Soekarnoputri memberi sejumlah arahan kepada kadernya yang akan membahas ihwal posisi PDIP terhadap pemerintahan Prabowo Subianto.
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri./Dok. PDIP
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri./Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberi arahan kepada kadernya ihwal posisi partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto.

Arahan tersebut diberikan Megawati ketika menyampaikan pidato politik dalam pembukaan rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada Jumat (24/5/2024).

Dia mengingatkan, partai politik punya kepentingan untuk memperjuangkan dengan demokrasi. Oleh sebab itu, dalam satu posisi harus bisa menjalankan fungsi pengawasan kinerja pemerintah.

"Di dalam memperjuangkan demokrasi kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," kata Megawati.

Kendati demikian, presiden ke-5 RI ini juga mengakui esensi partai politik adalah meraih kekuasaan. Oleh sebab itu, dalam satu posisi juga perlu berada di pemerintahan.

"Hanya bedanya apa toh, yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan lah yang membedakan kita dengan yang lainnya," jelasnya.

Megawati pun meyakini berbagai tantangan kebangsaan ke depan perlu peran penting dari masyarakat sipil yang kuat, pers yang independen, partai politik yang sehat sekaligus terlembaga, dan sistem hukum yang benar-benar berkeadilan.

Dia pun meminta setiap kadernya yang akan bertugas rumuskan rekomendasi posisi partai di pemerintahan Prabowo untuk cermati dengan seksama suara akar rumput. Megawati mengaku tidak mau mengambil keputusan sepihak.

Megawati mencontohkan, salah satu pertimbangan yang harus dinomorsatukan dalam dalam mengambil keputusan sikap partai yang perekonomian rakyat. Putri dari Proklamator Kemerdekaan Bung Karno ini ingatkan bahwa perekonomian harus dilihat secara keseluruhan.

"Perekonomian jangan dipersempit sebagai upaya mengundang investor. Perekonomian bersentuhan dengan hak rakyat untuk mendapatkan pekerjaan penghidupan yang layak, ketersediaan pangan dengan harga terjangkau, dan bagaimana merancang jalan Indonesia yang tentunya dapat, dapat, dan dapat berdiri di atas kaki sendiri," imbaunya.

Sebagai informasi, dibentuk satu komisi yang membahas soal posisi PDIP di pemerintahan Prabowo dalam Rakernas V PDIP ini. Nantinya, rekomendasi posisi PDIP itu akan diumumkan pada hari terakhir rakernas atau pada Minggu (26/5/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper