Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies, Eko Patrio Hingga Uya Kuya Ramaikan Bursa Pilkada Jakarta 2024

Nama Anies Baswedan dipertimbangkan maju di Pilkada Jakarta 2024. Selain itu, ada nama selebritas Tanah Air seperti Eko Patrio, Pasha Ungu dan Uya Kuya.
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatinegara melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024 di GOR Otista, Jakarta, Kamis (29/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatinegara melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024 di GOR Otista, Jakarta, Kamis (29/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur kembali dipertimbangkan oleh sejumlah partai besar untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Nama Anies Baswedan, eks Gubernur DKI Jakarta dan calon presiden dalam Pilpres 2024, pun dipertimbangkan sederet partai. Ada pula nama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Selain itu, ada nama selebritas Tanah Air seperti Eko Patrio, Pasha Ungu dan Uya Kuya yang masuk dalam pertimbangan partai.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya mempertimbangkan usung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) dalam ajang Pilkada DKI Jakarta 2024.  Hal itu diakui Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda.

Menurutnya, PKB sudah membicarakan nama-nama kandidat yang dirasa layak untuk diusung menjadi bacagub DKI Jakarta 2024. Salah satu nama yang kerap muncul yaitu Anies.

"Dari hasil diskusi, obrolan, dari teman-teman kanan kiri, Mas Anies. Kira-kira kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," jelas Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).  

Namun, dia menegaskan nama Anies baru muncul dalam diskusi awal. PKB dan Anies, lanjutnya, juga sudah melakukan komunikasi awal.

Meski demikian, PKB belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi. Huda meminta setiap pihak menunggu tahapan-tahapan hingga penetapan secara resmi. 

Di samping itu, ketua Komisi X DPR ini menjelaskan bahwa PKB juga punya kandidat internal untuk menjadi bacagub Jakarta 2024 yaitu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Oleh sebab itu, belum ada yang pasti.

"Ya kita lihat nanti. Pendaftaran tanggal 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa," ujar Huda.

Selain PKB, Partai Amanat Nasional (PAN) juga membuka peluang mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024

Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay, menjelaskan pihaknya sedang melakukan pencermatan soal tokoh yang paling berpeluang menangkan Pilkada Jakarta 2024 termasuk Anies yang pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022.

"Kita tidak pernah menutup pintu bagi siapapun untuk maju. Kita akan memilih yang terbaik di DKI,"  jelas Saleh di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).

Namun, dia menegaskan PAN akan mendahulukan kadernya untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024 setidaknya sebagai bakal calon wakil gubernur. 

Saleh pun menyebutkan empat nama yang didorong untuk maju yaitu putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yaitu Zita Anjani dan para mantan pesohor seperti Eko Patrio, Pasha Ungu, dan Uya Kuya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper