Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPIH: Hotel di Madinah Dipastikan Siap Sambut Jamaah Haji Indonesia

Seluruh hotel yang berada di Madinah telah siap menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama.
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023). - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023). - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan bahwa seluruh hotel yang berada di Madinah telah siap digunakan menjelang kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama pada Minggu (12/5/2024).

Kepala Sektor 1 Madinah PPIH, Suratman menjelaskan bahwa pihaknya telah mengecek sejumlah hotel sebagai sampel, di antaranya adalah Safwat Almadinah dan Hotel Abraj-Tabah yang berada di Markaziyah Syamaliah.

"Survei kemarin semua hotel sudah siap," ujar Suratman pada Sabtu (11/5/2024) dilansir dari Antara.

Khusus untuk Abraj-Tabah, hotel tersebut akan menjadi pemondokan pertama yang ditempati jamaah haji gelombang pertama. Hotel Abraj-Tabah memiliki kapasitas 388 kamar dengan total 1.512 tempat tidur.

Rencananya, tiga Kloter pertama dari tiga embarkasi, yakni Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Lombok (LOP) akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sekitar pukul 07.00 waktu Arab Saudi, dengan total calon haji sebanyak 930 orang.

Penanggung Jawab Lansia Sektor 2 Madinah PPIH Luthfi Anwar Mahbubi menjelaskan bahwa di Abraj-Tabah terdapat perbedaan jumlah tempat tidur di tiap-tiap kamar, yakni mulai dari dua hingga lima tempat tidur. Lalu, jamaah lanjut usia (lansia) akan ditempatkan di lantai paling bawah.

Mengenai fasilitas hotel, akan tersedia air minum isi ulang di setiap lorong hotel, sehingga jamaah haji tidak perlu khawatir kekurangan air selama melaksanakan ibadah haji.

Jarak hotel Abraj-Tabah ke Masjid Nabawi pun hanya sekitar 150 meter.

"Kami juga menyediakan lima kursi roda dari Daker Madinah dan dua dari hotel, sehingga totalnya tujuh kursi roda," ujar Luthfi.

Sementara itu, hotel Safwar Almadinah terletak lebih dekat lagi dengan Masjid Nabawi, yakni hanya sekitar 100 meter. Bahkan, pintu masuk hotel langsung mengarah ke masjid bersejarah bagi umat Islam itu.

Akan ada tiga Kloter yang menempati hotel ini, yakni Embarkasi Batam (BTH), Makassar (UPG), dan Solo (SOC). Kedatangan akan dimulai sejak pukul 13.50 waktu Arab Saudi dengan total 1.022 calon haji.

Fasilitas kamar di hotel Safwar Almadinah tidak jauh berbeda dengan Hotel Abraj-Tabah. Tiap-tiap hotel juga terdapat satu dokter, dua perawat, dan satu petugas promosi kesehatan untuk memantau kesehatan jamaah calon haji.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper