Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN hingga 12 Bulan Terakhir

Berikut ini cara cek tagihan listrik PLN 3 bulan terakhir hingga 1 tahun terakhir dengan mudah dan cepat.
Cara cek tagihan listrik 12 bulan terakhir dengan mudah dan cepat./Bisnis/Arief Hermawan P
Cara cek tagihan listrik 12 bulan terakhir dengan mudah dan cepat./Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Mengetahui jumlah tagihan listrik PLN saat ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Cara cek tagihan listrik PLN ini hanya memerlukan ponsel dan internet atau pulsa, Anda sudah bisa mengetahui jumlah dan riwayat tagihan listrik PLN hingga 12 bulan sebelumnya.

Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Pemakaian energi listrik yang berlebih bisa membuat tagihan listrik membengkak.

Perusahaan Listrik Negara alias PLN adalah perusahaan milik pemerintah yang bertugas menyediakan aliran listrik untuk seluruh wilayah Indonesia. Penggunaan listrik rumah tangga yang disediakan PLN harus digunakan dengan bijak. Sebab jika tidak tagihan listrik akan mengalami kenaikan.

Untuk mencegah tagihan listrik mengalami lonjakan dan melebihi dana yang disiapkan, Anda bisa rutin mengecek tagihan listrik secara berkala. Pahami cara cek tagihan listrik 12 dalam bulan terakhir untuk mengatur penggunaan listrik Anda agar tidak boros.

Dengan mengetahui rata-rata besaran tagihan listrik per bulan dalam 1 tahun terakhir, Anda bisa mempersiapkan dana untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN 3 hingga 12 Bulan Terakhir

Kini PLN telah memberikan kemudahan untuk mengecek tagihan listrik melalui 5 langkah yang terbilang mudah, berikut cara cek tagihan listrik rumah Anda.

1. Cek Tagihan Listrik Lewat PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Setelah unduhan selesai, buka aplikasi PLN Mobile
  • Daftar dengan menggunakan nomor HP yang aktif
  • Lengkapi data diri berupa nama lengkap dan email
  • Masukkan kode OTP yang didapat di email atau HP
  • Masuk ke beranda PLN Mobile, pilih menu Kelistrikan
  • Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan yang diberikan oleh PLN
  • Selanjutnya klik Cari
  • Setelah beberapa saat akan muncul tagihan listrik yang sudah dibayar
  • PLN Mobile menjadi salah satu cara cek tagihan listrik 12 bulan terakhir dalam tahun yang sama.

2. Cek Tagihan Listrik Lewat Website PLN

  • Masuk ke alamat berikut melalui browser di ponsel Anda https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik
  • Daftar Akun jika belum pernah mendaftar di website PLN, jika sudah memiliki akun Anda bisa klik login
  • Lengkapi data diri berupa nama lengkap, alamat email, nomor ID pelanggan atau nomor meteran, nomor HP, kata sandi, dan terakhir ketik captcha
  • Setelah proses pendaftaran selesai, masukkan kode verifikasi yang dikirim ke alamat email
  • Selanjutnya, masuk dengan alamat email dan password yang sudah didaftarkan
  • Di halaman awal akan muncul tampilan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian token listrik
  • Informasi tagihan PLN di laman ini sudah termasuk dengan Pajak Penerangan Jalan.

3. Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cara cek tagihan listrik per bulan

  • Ketik SMS dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

Cara berlangganan informasi tagihan listrik

  • Ketik SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

Cara berhenti berlangganan informasi tagihan listrik

  • Ketik SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123.

4. Cek Tagihan Listrik Lewat Call Center

Selain tiga cara di atas, Anda bisa cek tagihan listrik PLN dengan menghubungi call center PLN di nomor 123 dengan menuliskan kode area. Misalnya untuk wilayah Jakarta Anda bisa telepon ke nomor 021-123, untuk wilayah Solo telepon ke nomor 0271-123.

Ikuti petunjuk dari operator. Sampaikan tujuan Anda untuk mengecek tagihan listrik. Nomor ID Pelanggan atau nomor meteran dibutuhkan untuk mengecek tagihan listrik.

5. Cek Tagihan Listrik Lewat Email

Cara terakhir untuk cek tagihan listrik PLN rumah Anda, bisa melalui email. Namun untuk menggunakan cara ini, email Anda harus terdaftar di e-billing PLN.

Pelanggan bisa meminta informasi mengenai tagihan listrik melalui email ke alamat [email protected].

Cara Bayar Tagihan Listrik PLN

Setelah mengetahui cara cek tagihan listrik PLN, berikut beberapa cara untuk membayar tagihan listrik yang bisa Anda lakukan dengan beberapa metode. Anda bisa membayar tagihan listrik PLN melalui internet banking atau mobile banking, ATM, bayar di minimarket, melalui website resmi PLN atau dengan mendatangi langsung kantor PLN.

Berikut adalah beberapa cara umum untuk membayar tagihan listrik PLN:

1. Bayar Tagihan Listrik PLN Online

  • Melalui Internet Banking: Masuk ke akun internet banking Anda, pilih menu pembayaran tagihan, dan pilih PLN sebagai penyedia layanan. Masukkan nomor pelanggan, setelah muncul jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan klik lanjutkan. Konfirmasi dan bayar tagihan Anda. 
  • Aplikasi Mobile Banking: Buka aplikasi mobile banking Anda, kemudian klik menu bayar. Cari dan pilih PLN sebagai penyedia jasa atau layanan. Pilih menu PLN Postpaid, kemudian masukkan nomor pelanggan Anda. Lanjutkan hingga muncul nominal tagihan yang harus dibayarkan. Konfirmasi pembayaran dan selesai.

2. Bayar Tagihan Listrik PLN via ATM

Kunjungi ATM terdekat sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Masukkan kartu ATM ke mesin dan ketik pin ATM Anda. Kemudian pilih menu pembayaran atau pembayaran tagihan. Pilih menu PLN dan masukkan nomor pelanggan, ikuti petunjuk di layar mesin ATM hingga muncul tagihan listrik PLN. Konfirmasi pembayaran dan selesai.

3. Bayar Tagihan Listrik di Kantor PLN

Anda dapat membayar tagihan listrik secara langsung di kantor PLN terdekat. Anda bisa membawa tagihan listrik Anda dan membayarnya di kantor PLN menggunakan metode pembayaran yang tersedia, seperti tunai atau kartu debit.

4. Bayar Tagihan Listrik lewat Minimarket

Banyak gerai retail atau minimarket seperti Indomaret, Alfamart, atau gerai retail lainnya juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik PLN. Anda dapat membawa tagihan listrik dan nomor pelanggan Anda ke minimarket dan melakukan pembayaran di kasir.

5. Pembayaran secara Online melalui Situs Resmi PLN

PLN juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik secara online melalui situs resmi mereka. Anda dapat masuk ke situs web PLN, masuk ke akun Anda (atau membuat akun jika belum punya), dan ikuti instruksi untuk membayar tagihan listrik Anda secara online.

Setelah Anda memilih salah satu cara pembayaran yang tersedia, pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada dan memasukkan informasi tagihan Anda dengan benar untuk memastikan pembayaran yang sukses dan menghindari keterlambatan pembayaran. Selalu pastikan juga untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai referensi di masa mendatang.

Demikian informasi lengkap mengenai cara cek tagihan listrik PLN hingga 12 bulan terakhir beserta cara membayar tagihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper