Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Poin-poin Pertemuan Prabowo dengan Xi Jinping di China

Prabowo Subianto mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping, saat melakukan kunjungan ke Beijing, ini poin-poin pertemuan keduanya.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden terpilih Indoensia Prabowo Subianto berjabat tangan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 1 April 2024./Reuters/China Daily
Presiden China Xi Jinping dan Presiden terpilih Indoensia Prabowo Subianto berjabat tangan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 1 April 2024./Reuters/China Daily

Bisnis.com, JAKARTA - Prabowo Subianto mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping, saat melakukan kunjungan ke Balai Agung Rakyat, Beijing pada Senin (1/4/2024). 

Kementerian Luar Negeri China menyampaikan bahwa Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas terpilihnya sebagai Presiden Indonesia, dan meminta dia menyampaikan salam tulus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Xi Jinping menunjukkan bahwa dalam 10 tahun yang lalu, dia dan Presiden Jokowi bersama memimpin perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat. 

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri China, berikut ini beberapa poin penting pertemuan Prabowo dengan Xi Jinping di Beijing, di antaranya:

- Kereta Cepat Jakarta-Bandung 

Menurut pemerintah China, Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi percontohan kerja sama berkualitas tinggi kedua negara, hubungan China-Indonesia sudah memasuki tahap baru pembentukan komunitas senasib sepenanggungan. 

- Hubungan China-Indonesia jangka panjang

China memandang hubungan China-Indonesia dari segi strategis dan jangka panjang, bersedia memperdalam kerjasama strategis komprehensif dengan Indonesia, membentuk komunitas senasib sepenanggungan China-Indonesia yang berpengaruh regional maupun global, memberikan lebih banyak kesejahteraan kepada rakyat kedua negara, serta memberikan kontribusi positif demi perdamaian, kestabilan dan kemakmuran kawasan maupun dunia. 

Xi Jinping menekankan, kunci pencapaian berharga dalam hubungan China-Indonesia terletak pada berpegang pada kemandirian strategis, saling percaya dan saling membantu, kerja sama yang saling menguntungkan, serta keadilan dan kesetaraan. 

- Perwakilan negara-negara pasar berkembang

Masa lalu, kedua negara saling mendukung dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan nasional, ke depan juga bersatu untuk menciptakan model yang saling menguntungkan dan win-win, model pembangunan bersama, dan pelopor kerjasama. 

Pemerintah China menegaskan bahwa kedua belah pihak harus dengan tegas mengikuti jalur pengembangan yang sesuai dengan kondisi nasional masing-masing, dengan tegas mendukung satu sama lain dalam menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pemembangan, serta saling memahami dan mendukung dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti dan keprihatinan utama masing-masing. 

- Pertukaran kedua negara di segala bidang

China bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pemembangan, lebih lanjut mempromosikan proyek "Dua Negara, Taman Kembar" dan "Koridor Ekonomi Komprehensif Regional", dan terus memperdalam kerja sama maritim. 

- Pengentasan kemiskinan

China bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan kepada Indonesia di bidang pengentasan kemiskinan.

Xi Jinping menunjukkan, saat ini dunia sedang menghadapi perubahan seratus tahun. Kedua pihak hendaknya aktif melaksanakan lima prinsip hidup berdampingan secara damai, dengan sekuat tenaga mengemukakan semangat Bandung yang bersatu, bersahabat dan bekerja sama, mendorong multipolarisasi dunia yang setara dan teratur, serta globalisasi ekonomi yang inklusif, meningkatkan koordinasi multilateral, memelihara kepentingan bersama negara-negara berkembang. 

- Memelihara kesatuan Asean

China bersedia bersama Indonesia, memelihara kesatuan dan sentralitas Asean, memelihara struktur kawasan yang terbuka dan inklusif, membentuk komunitas senasib sepenanggungan China-Asean yang lebih erat.

Adapun selama pertemuan, Prabowo menyampaikan salam yang tulus dari Presiden Jokowi kepada Presiden Xi Jinping.

Dia menyatakan bahwa senang sekali memilih China sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah terpilih sebagai Presiden Indonesia. 

Menurutnya, China adalah negara besar yang mempunyai pengaruh yang penting, kedua negara selalu saling menghormati dan memperlakukan satu sama lain secara setara. 

Dia mengapresiasi hasil yang dicapai rakyat China yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, bersedia belajar pengalaman Partai Komunis China, memperdalam pertukaran pengelolaan negara. 

Adapun China merupakan mitra kerja sama yang kuat terhadap Indonesia. Tahun-tahun belakangan ini, perusahaan China secara aktif dan mendalam mengikuti pembangunan ekonomi Indonesia, membantu perkembangan Indonesia. 

Dia menyatakan secara penuh mendukung mengembangkan hubungan Indonesia dan China yang lebih erat, bersedia meneruskan kebijakan bersahabat Presiden Jokowi terhadap China, menjunjung kemerdekaan dan kemandirian, menaati kebijakan Satu China yang selalu dijunjungi pemerintah Indonesia, mendukung kepentingan inti masing-masing bersama China. 

Selain itu, mendorong hubungan kedua negara berkembang lebih komprehensif dan berkualitas tinggi, melaksanakan kesepahaman penting pembentukan komunitas senasib sepenanggungan kedua negara. 

Prabowo menyatakan bahwa pemerintah baru Indonesia bersedia aktif mendorong sinergi strategi pembanguan negara, mendorong kerja sama di bidang perdagangan dan pengentasan kemiskinan mencapai lebih banyak hasil, lebih lanjut menyejahterakan rakyat kedua negara. 

Selain itu, dia juga mengapresiasi China yang selalu menjunjung keadilan dalam urusan internasional, terutama masalah Palestina. 

Kemudian, Indonesia juga bersedia meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam urusan internasional dan regional, memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kerja sama Selatan-Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper