Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Harvey Moeis Digeledah, Mobil Rolls Royce Kado Ultah Sandra Dewi Disita

Penyidik telah menyita mobil Rolls Royce milik Harvey Moeis. Mobil itu diduga merupakan kado untuk Sandra Dewi.
Mobil Rolls Royce milik Harvey Moeis yang disita Kejagung terkait kasus korupsi timah / Bisnis - Anshary Madya Sukma
Mobil Rolls Royce milik Harvey Moeis yang disita Kejagung terkait kasus korupsi timah / Bisnis - Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menggeledah kediaman Harvey Moeis yang berlokasi di Pakubuwono, Jakarta Selatan hari ini, Senin (1/4/2024).

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi menyampaikan pengeledahan tersebut merupakan tindak lanjut dari proses penyidikan kasus timah.

"Selain itu pada hari ini juga kami melakukan kegiatan penggeledahan di kediamana saudara HM dan sedang berlangsung," ujarnya Kuntadi Senin kemarin.

Namun demikian, kata Kuntadi, pihaknya masih belum bisa mengungkapkan hasil dari penggeledahan tersebut. Pasalnya, masih dalam proses penggeledahan.

"Hasilnya apa nanti kita lihat, kita tunggu akan kami sampaikan apa apa aja yang kami lakukan," tambahnya.

Sita Mobil Mewah & Blokir Rekening

Adapun dalam penggeledahan itu, penyidik menyita mobil super mewah Rolls Royce milik suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis. Diketahui, mobil tersebut merupakan kado ulang tahun ke-40 Sandra Dewi dari Harvey. 

Sebagaimana diketahui, Harvey Moeis merupakan salah dari 16 tersangka kasus tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah Tbk (TINS).

Berdasarkan pantauan Bisnis di Kejagung, mobil tersebut tiba pukul 11.16 WIB dengan menggunakan towing.

Nampak, mobil tersebut berkelir hitam dengan kap mobil berwarna silver lengkap dengan patung mungil di depannya atau terkenal dengan nama Spirit of Ecstasy.

Dirdik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI, Kuntadi menyampaikan selain mobil mewah itu, pihaknya juga turut menyita mobil minicooper.

"Betul [Rolls-Royce] dan Mini Cooper," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (1/4/2024) malam.

Kejagung RI juga menyampaikan pemblokiran terhadap rekening Harvey sudah dilakukan saat awal penyidikan.

Hanya saja, dia belum mau menjelaskan lebih detail terkait jumlah saldo atau sumber rekening apa saja yang telah dilakukan oleh pihaknya.

Namun demikian, Kuntadi menegaskan bahwa upaya pemblokiran untuk menelusuri aliran dana yang terkait dengan kasus timah ini masih terus berkembang.

"Dan itu [pemblokiran rekening] masih terus berkembang," pungkasnya.

Adapun dilansir dari Antara mobil yang disita Kejagung itu merupakan pemberian Harvey kepada istrinya, Sandra Dewi sebagai kado ulang tahun.

Mobil pabrikan asal Inggris adalah Rolls-Royce Ghost edisi Extended Wheelbase bermesin 6.592 cc yang harganya diprediksi berkisar Rp18 miliar hingga Rp25 miliar di Indonesia.

Peran Harvey 

Sebagai informasi, Suami aktris kenamaan Indonesia Sandra Dewi itu ditetapkan menjadi tersangka pada Rabu (27/3/2024) malam. Dia berperan sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin (RBT) dalam kasus ini 

Awalnya, Harvey menghubungi eks Direktur Utama PT Timah Tbk. (TINS) Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT) untuk mengakomodir pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah sekitar 2018-2019.

Kemudian, untuk melancarkan aslinya dalam melakukan kegiatan pertambangan yang diduga ilegal itu, Harvey melakukannya dengan seolah olah menyewa peleburan ke PT Timah.

Selanjutnya, Harvey Moeis meminta sejumlah perusahaan smelter ini untuk menyisihkan keuntungan yang dihasilkan untuk mencover dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Sarana dan prasarana dana CSR itu dikelola melalui Manager PT Quantum Skyline Exchange (QSE) Helena Lim yang sebelumnya tetah ditetapkan sebagai tersangka.

Atas perbuatannya, Harvey dipersangkakan Pasal 2 ayat 1, Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper