Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Peluang Anies Baswedan Maju Pilkada DKI 2024

Peluang Anies maju sebagai calon gubernur dalam pilkada 2024 terbuka lebar jika kalah di Pilpres 2024.
Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan/Bisnis-Lukman
Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan/Bisnis-Lukman

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Anies Baswedan kembali masuk dalam bursa calon gubernur alias cagub yang akan memperoleh dukungan dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Anies saat ini masih berstatus sebagai calon presiden alias capres. Ia diusung oleh koalisi perubahan yang terdiri dari tiga partai antara lain PKB, Nasdem dan PKS.

Namun demikian, hasil rekapitulasi suara nasional sementara, Anies masih tertinggal jauh dibandingkan dengan kompetitornya yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Adapun rumor Anies berpotensi maju sebagai calon gubernur muncul usai para sekretaris jenderal alias sekjen tiga partai pengusungnya bertemu Juman lalu.

Usai pertemuan, mereka menyatakan Koalisi Perubahan sudah terbukti naikkan elektoral ketiga partai dalam ajang Pileg 2024.

Oleh karenanya, Nasdem, PKS, dan PKB menyatakan siap melanjutkan Koalisi Perubahan untuk hadapi Pilkada 2024.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin mengungkapkan pihaknya siap menerima siapa saja sosok yang diusulkan Nasdem atau PKB untuk jadi cagub DKI Jakarta 2024, termasuk Anies apabila diusulkan kembali.

Bahkan, menurut Khoirudin, peluang Anies besar untuk kembali maju sebagai cagub DKI Jakarta. Meski demikian, pihaknya masih hormati rekapitulasi suara berjenjang yang dilakukan KPU dalam ajang Pilpres 2024.

"Sangat memungkinkan [Anies maju]. Sekarang kita tunggu dulu pengumuman KPU [terkait Pilpres 2024]," ujar Khoirudin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid menyatakan partainya memiliki banyak stok kader yang bisa maju untuk jadi cagub. Dia pun menyebutkan dua nama tenar.

"Kalau PKB untuk DKI banyak stok, ada anggota DPR RI terpilih Jaksel, Bu Ida Fauziah [juga sebagai menteri ketenagakerjaan], ada ketua DPP PKB yang juga terpilih jadi anggota DPR RI di Jaktim, Pak Hasbiallah Ilyas," ungkap Hasanuddin pada kesempatan yang sama.

Oleh sebab itu, dia menyerahkan ke Nasdem dan PKB apakah kedua nama tersebut layak dipertimbangkan. Jika tidak maka PKB tetap siap membicarakan nama lain.

Sedangkan pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim tidak menampik sudah ada tiga nama yang diusulkan partainya untuk jadi cagub DKI Jakarta 2024 yaitu Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, Ketua DPW Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino, dan mantan anggota DPR RI Okky Asokawati.

Hasil Pilpres Jakarta

Adapun dominasi Anies Baswedan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2017 tidak terjadi pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Provinsi DKI Jakarta dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2024) pukul 10.00 WIB.

Hasilnya, Prabowo-Gibran unggul dari dua paslon lainnya dengan menggenggam perolehan resmi sebesar 2.692.011 suara. Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menempel ketat dengan mengumpulkan 2.653.762 suara.

Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada pada urutan terakhir untuk perolehan suara di Provinsi DKI Jakarta. Paslon nomor urut 3 ini meraih 1.115.138 suara di Ibu Kota.

Mengacu pada hasil itu, Anies kehilangan sebanyak 586.570 suara jika dibandingkan dengan perolehan suara saat Pilkada DKI Jakarta 2017 sebesar 3.240.332 suara saat melaju dengan Sandiaga Salahuddin Uno.

Saat itu, Anies mendominasi suara di Jakarta pada putaran 2 Pilkada DKI Jakarta dengan menggenggam 57,95% suara.

Sementara itu, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat hanya memperoleh 42,05% dengan total sebanyak 2.351.245 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper