Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Para Pembantu Jokowi Berlomba ke Senayan, Siapa Lolos?

Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju besutan Jokowi-Ma'ruf tercatat maju di pemilihan umum (Pemilu) 2024
Saat Para Pembantu Jokowi Berlomba ke Senayan, Siapa Lolos?. Suasana gedung DPR/MPR RI jelang Sidang MPR Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (16/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Saat Para Pembantu Jokowi Berlomba ke Senayan, Siapa Lolos?. Suasana gedung DPR/MPR RI jelang Sidang MPR Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (16/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju besutan Jokowi-Ma'ruf tercatat maju di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Beberapa di antaranya adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Keempatnya maju di daerah pemilihan atau dapil yang berbeda-beda. Dua di antaranya maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI dari dapil Jakarta, satu dari Jawa Timur dan satu lainnya dari Sumatra Utara.

Berikut hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU yang diraih keempat menteri tersebut:

Yasonna Laoly 

Berdasarkan data hasil real count yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), para tokoh yang lolos sebagai anggota DPR RI dari dapil Sumut I itu di antaranya Yasonna Laoly, Musa Rajekshah, Meutya Hafid, Tifatul Sembiring dan Prananda Surya Paloh.

Dilansir Antara, PDI Perjuangan menduduki peringkat pertama partai dengan perolehan suara terbesar di dapil Sumut I. Alhasil, ‘Partai Banteng’ meraih 2 kursi untuk Sofyan Tan (anggota DPR petahana) dan Menkumham Yasonna Laoly.

Ario Bimo Nandito Ariotedjo

Nasib nahas kemungkinan akan merundung Menpora Dito pada Pemilu 2024. Alasannya adalah Dito yang maju di Dapil DKI Jakarta 1 lewat Partai Golkar memperoleh suara yang cukup menjanjikan yakni 55.560 suara.

Namun, perolehan suara Dito tidak berbanding lurus dengan perolehan suara Golkar yang hanya meraih 111.719 suara alias berada di urutan ke-4 di bawah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDI Perjuangan (PDIP), dan Partai Gerindra.

Abdul Halim Iskandar

Di Pemilu 2024, Adul Halim bertarung di dapil Jatim VIII bersama PKB. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU, kakak dari cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar ini memperoleh 107.011 suara.

Meskipun hanya berada di urutan kedua di partainya, Abdul Halim dipastikan lolos ke Senayan bersama rekannya Rusdi Kirana yang memperoleh 121.080 suara.

Adapun, PKB memperoleh suara terbanyak di Dapil Jatim VIII dengan total mendulang 522.993 suara.

Ida Fauziah

Menaker Ida maju di Pileg 2024 melalui kendaraan politik PKB. Ida bertarung di Dapil DKI Jakarta II.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara KPU, Ida memperoleh 60.180 suara. Adapun, secara keseluruhan caleg, PKB memperoleh 154.618 suara.

Sayangnya, suara PKB tertinggal dari para pesaingnya yakni PKS di urutan pertama (431.271 suara), PDIP (266.353 suara), Golkar (191.735 suara) dan Gerindra (187.429 suara).

Dengan demikian, Ida Fauziah terancam tidak lolos ke Senayan karena dapil DKI Jakarta II hanya memperebutkan 7 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper