Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Peluang Erina Gudono dan Kaesang Putra Jokowi Maju di Pilkada 2024

Istri Kaesang Pangarep atau menantu Jokowi, Erina Gudono, ramai digosipkan berpeluang maju dalam Pilkada Sleman.
Presiden Jokowi bersama cucunya, Al Nahyan Nasution jelang akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Dok Biro Setpres RI.
Presiden Jokowi bersama cucunya, Al Nahyan Nasution jelang akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Dok Biro Setpres RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Istri Kaesang Pangarep atau menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono, digadang-gadang akan diusung dalam Pilkada Slemen 2024. Partai yang secara terbuka akan mengusung Erina adalah Partai Gerindra.

Kalau Erina jadi maju, ia akan menambah jumlah keluarga inti Jokowi yang berkiprah di panggung politik. Sebelum Erina ada suaminya Kaesang Pangarep yang menjadi Ketua Umum PSI hanya dua hari setelah dapat kartu anggota, Gibran Rakabuming Raka yang kemungkinan terpilih sebagai wakil presiden (wapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Selanjutnya ada Bobby Nasution, menantu Jokowi yang menjabat sebagai Wali Kota Medan. Bobby dan Gibran maju sebagai wali kota diusung PDIP pada Pilkada 2020. Kemudian yang terakhir tentu Jokowi sendiri. Ia pernah jadi wali kota, gubernur dan presiden dua periode. 

Soal Erina Gudono, Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi menyebut pihaknya akan membuat survei terlebih dahulu.

Budi Arie awalnya menyampaikan bahwa itu merupakan dinamika partai politik. Menurutnya, Presiden Jokowi pun belum pernah menyuarakan wacana tersebut. Dia juga menyebut menjadi seorang kepala daerah bukan soal mampu atau tidak mampu. 

"Bukan soal mampu atau enggak mampu. Ini soal dipilih rakyat. Kalau Pilkada kan dipilih rakyat, kalau punya kemampuan tapi enggak dipilih rakyat kan sama aja enggak kan," tuturnya kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Oleh sebab itu, pria yang kini juga menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) itu mengatakan bahwa pihaknya kini tengah membuat survei tentang Pilkada. 

Survei itu, terangnya, berfokus pada Pilkada di daerah-daerah strategis. Salah satunya yakni Sleman, di mana menantu Jokowi digadang-gadang masuk sebagai bursa kepala daerah. 

"Nanti, tunggu saja. Kami bikin survei dulu. Tunggu saja. Kita lagi fokus ke provinsi-provinis, gubernur-gubernur yang strategis," ucapnya. 

Gerindra Utamakan Kader

Dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, DPC Gerindra Sleman memang sudah mulai memanasi mesin politik dalam menyongsong Pilkada Kabupaten Sleman. 

Namun, rencananya DPC Gerindra akan mengusulkan HR Sukaptana sebagai bakal calon (balon) Bupati Sleman mendatang. Hal itu diungkap oleh Sekretaris DPC Gerindra M Arif Priyo Susanto.

Pasalnya, dalam Pilkada nanti, DPC Gerindra akan mengutamakan kader internal terlebih dahulu. Salah satu yang memenuhi kriteria adalah Ketua DPC Gerindra HR Sukaptana. 

"HR Sukaptana merupakan kader senior yang sudah berpengalaman. Bahkan sudah menjabat wakil pimpinan DPRD Kabupaten Sleman selama dua periode. Tentu itu modal yang besar untuk diusung menjadi Calon Bupati Sleman," kata Arif, Selasa (5/3/2024) seperti dilansir laman resmi Partai Gerindra.

Peluang Kaesang di Solo

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons adiknya yang juga sebagai Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep masuk bursa bakal calon Wali Kota Solo.

Kaesang menjadi salah satu dari 12 figur potensial pemimpin Kota Solo 2024-2029 dari Lembaga Survei Solo Raya Polling. “Biar warga yang menilai ya,” jelas Gibran dilansir dari Solopos.com. 

Dia menjelaskan pembicaraan dengan Kaesang tidak mengarah untuk rencana pencalonan untuk Pilkada Solo. Gibran mengarahkan wartawan meminta konfirmasi kepada Kaesang secara langsung.

Gibran mengatakan mengembalikan kepada masyarakat Kota Solo untuk menentukan Wali Kota Solo berikutnya. Gibran merasa tidak punya hak untuk mengatur maupun memutuskan kecuali warga Kota Solo.

“Saya bukan siapa-siapa, bukan ketua partai politik, bukan ketua DPC,” imbuhnya.

Menurut Gibran, dirinya tidak cawe-cawe mengenai Pilkada Solo. Dia terbuka untuk menjalin silaturahmi dengan siapapun. “Cawe-cawe itu kampanye, blusukan, kampanye terbuka, joget oke gas,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper