Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain KRL dan MRT, Simak Aturan Buka Puasa di Transjakarta Selama Ramadan 2024

Para pengguna Transjakarta dapat berbuka puasa di dalam bus saat adzan maghrib berkumandang, dengan sejumlah ketentuan untuk kenyamanan bersama.
Bus Transjakarta melintas di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2022). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Bus Transjakarta melintas di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2022). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengumumkan kebijakan khusus terkait berbuka puasa dalam fasilitas bus TransJakarta selama Ramadan 2024.

Makan dan minum di dalam bus diperbolehkan pada saat berbuka puasa dengan maksimal waktu 10 menit sejak azan magrib dikumandangkan.

"Pelanggan dapat berbuka puasa dengan air minum, kurma, atau makanan ringan," demikian keterangan Transjakarta melalui akun Instagram @pt_transjakarta, Senin (11/3/2024).

Selain itu, pengguna Transjakarta tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi nasi dan lauk pauk, makanan berbau menyengat, serta makanan siap saji lainnya di dalam bus.

PT Transjakarta juga mengimbau para penggunanya untuk menjaga kebersihan dan ketertiban bersama terkait penerapan aturan khusus selama Ramadan ini.

"Pelanggan dapat juga menuju area ritel/komersial yang terdapat di halte-halte Transjakarta untuk membeli makanan untuk berbuka puasa," demikian pungkasan keterangan tersebut.

Adapun, moda transportasi lain seperti KRL Commuter Line dan MRT Jakarta juga menerapkan aturan serupa selama Ramadan berlangsung.

PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter memperbolehkan penggunanya berbuka puasa dengan makanan dan minuman ringan dalam KRL. Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan bahwa ketentuan berlaku selama 1 jam setelah waktu berbuka puasa atau azan magrib yang akan diinformasikan petugas dalam perjalanan KRL maupun seputar area stasiun. 

"Untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna diimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, hindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama," ujar Anne dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, MRT Jakarta hanya memperbolehkan air mineral/minuman dalam botol minum (tumbler) serta kurma untuk berbuka puasa, sekaligus membatasi waktu berbuka selama 10 menit sejak azan magrib.

"Yang tidak diperbolehkan: Nasi serta lauk pauk, makanan kecil, makanan siap saji dan sejenisnya, teh, kopi, sirup, soda, dan/atau minuman selain air mineral," demikian keterangan MRT Jakarta melalui akun Instagram @mrtjkt, Senin (11/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper